Jakarta Kota > Hiburan

Museum Ini Simpan Lukisan Tertua Raden Saleh

Senin, 17 Juli 2017 14:37 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Sumber : DBS

Museum Seni Rupa dan Keramik di Jalan Pos Kota, Kelurahan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.
Museum Seni Rupa dan Keramik di Jalan Pos Kota, Kelurahan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.
Foto : istimewa

Share this








Menyimpan lukisan tertua milik maestro Raden Saleh, jumlah pengunjung Museum Seni Rupa dan Keramik mengalami penurunan.

TAMAN SARI – Kepala Subbag Tata Usaha Unit Pengelola (UP) Museum Seni Rupa dan Keramik, Lili Suhaidi menyatakan terjadi jumlah penurunan pengunjung museum hingga Juni 2017. Sebab, dari data yang dimiliki Lili, jumlah pengunjung museum sepanjang tahun 2016 mencapai 168.411 orang.

Sedangkan, untuk medio tahun ini (2017), ia mengatakan data pengunjung dari Januari-Juni masih di angka 88.377 orang.  Namun, ia tetap optimistis jumlah pengunjung akan terus meningkat saat penghujung tahun tiba.

Padahal, magnet pengunjung tetap ada lantaran museum ini menyimpan lukisan tertua maestro pelukis Indonesia, Raden Saleh. Wisata sambil menambah wawasan mengenai sejarah seni rupa dan keramik di indonesia bisa didapatkan di museum ini.

Foto : Raden Saleh (IST)

“Lukisan Raden Saleh yang paling tua diperkirakan dibuat antara tahun 1822-1880,” kata seorang karywan Museum Seni Rupa dan Keramik, Ugi, Senin (17/7/2017).

Meski menyimpan banyak barang-barang bersejarah dan bernilai tinggi dari seniman legendaris Tanah Air, harga masuk ke museum ini tidak menguras kantong. Harga tiket masuk untuk dewasa hanya dipatok dengan Rp 5 ribu.

Sedangkan harga tiket bagi mahasiswa dan pelajar lebih murah. Yaitu, Rp 3 ribu untuk mahasiswa, dan Rp 2 ribu bagi pelajar. Bagi yang suka berwisata ke Kota Tua, seharusnya jangan lupa mengunjungi museum ini.

Museum Seni Rupa dan Keramik ini berada di Jalan Pos Kota, Kelurahan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Sudah ke Museum Fatahillah, jangan lupa melanjutkan wisata sejarah unik di museum ini.