Jakarta Kota > Hiburan

Kemiripan Orang Indonesia dengan 3 Negara di Pameran Foto Kota Tua

Jumat, 17 Maret 2017 19:56 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Wildan Kusuma

Pameran foto “Dari Seberang”. (Wildan)
Pameran foto “Dari Seberang”. (Wildan)
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Pameran ini bertajuk

TAMAN SARI - Kedutaan Besar Belanda menggelar pameran di Gedung Tjipta Niaga, Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat. Pameran ini bertajuk "Dari Seberang" Anak Yang Tertinggal Oleh Kumpeni, sudah berlangsung  sejak 26 Februari dan akan berakhir pada 14 Mei 2017 mendatang.

Pameran tersebut menyuguhkan tentang keterikatan dan kemiripan orang Afrika, Australia, dan Indonesia dengan orang Belanda. Dalam sejarahnya mengatakan, perusahaan Hindia Timur Belanda atau Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) pernah singgah di tiga negara itu.

Pameran ini juga lebih menampilakan wajah-wajah orang Australia, Afrika, dan Indonesia. Setiap wajah, mengartikan kuasa dan pengaruh VOC pada saat itu. Untuk di Indonesia, pameran ini lebih menyoroti keturunan VOC di Pulau Kisar, Maluku Barat Daya.

"Kurang lebih, pameran ini tentang orang dan garis keturunan Belanda. Lebih ke wajah-wajah mereka," ujar Panitia Pameran Solehudin kepada Infonitas.com, Jumat (17/3/2017).

Untuk suguhan foto orang Australia lebih menampilkan wajah-wajah orang Australia Barat. Sementara di Afrika ditampilkan wajah orang Afrika Selatan yang memiliki garis keturunan VOC.

Solehudin mengatakan pameran foto ini digelar serentak di tiga tempat. Selain di gedung Tjipta, pameran ini juga hadir di Museum Frisia Barat, Hoorn, Belanda yang tak lain merupakan tempat pusat pameran. Selain itu, juga ada di Museum Nasional di Bloemfontein, Afrika Selatan.

Pameran dibuka setiap Selasa sampai Minggu dari pukul 09.00-18.00 WIB. Pameran tersebut tutup di Senin dan tanggal merah.