Jakarta Kota > Hiburan

Nasib Transportasi Tua

Fungsi Ojek Sepeda Onthel Masa Kini di Kota Tua

Selasa, 11 April 2017 14:29 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Wildan Kusuma

Ojek sepeda onthel.
Ojek sepeda onthel.
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Pergeseran fungsi ojek sepeda onthel di kawasan Kota Tua membuat para penegmudi sepeda onthel berkurang.

TAMAN SARI - Di kawasan Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat, ada ojek sepeda onthel yang sudah menjadi transportasi umum sebelum Indonesia merdeka. Namun, keberadaan ojek sepeda onthel kini semakin sedikit karena kehadiran transportasi modern, seperti maraknya ojek online belakangan ini dan diminati masyarakat.

Salah satu tukang ojek sepeda onthel di Kota Tua, Suhimin, mengaku keberadaan ojek online yang semakin berkembang membuat kelompok ojek sepeda onthel semakin berkurang.

"Kalau dulu, orang naik ojek sepeda onthel karena jadi alternatif untuk angkutan umum yang lebih cepat ketimbang angkot. Kalau angkot kan mereka ngetem dulu," kata Suhimin kepada infonitas.com di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa (11/4/2017).

Baca : Jasa Marga Klaim Antrean di Tol Jakarta-Tangerang Sudah Terkendali

Selain itu, ia mengatakan saat ini fungsi ojek sepeda onthel lebih digunakan untuk wisatawan yang ingin diantar keliling Kota Tua.

"Ojek sepeda onthel paling sekitar 30 orang yang mangkal. Ada di depan pintu stasiun (Jakarta Kota), depan Museum Bank Mandiri, depan terminal Jakarta Kota, dan area Asemka. Sekarang kami lebih sering dipakai untuk mengantar pengunjung yang mau berkeliling dan mengambil foto di kawasan Kota Tua," katanya.