Jakarta Kota > Bisnis

Nasib Transportasi Tua

Lihat Kantong Sebelum Beli Sepeda Onthel

Selasa, 11 April 2017 18:41 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Wildan Kusuma

Sepeda onthel.
Sepeda onthel.
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Lihat kantong sebelum beli sepeda onthel karena harganya bisa capai puluhan juta.

TAMAN SARI-Sepeda onthel ternyata banyak diminati pecinta sepeda. Tak hanya modelnya yang beragam dari tahun pembuatan. Harga sebuah sepeda onthel juga bervariasi, meski kini sudah banyak sepeda canggih dan keluaran produksi terbaru dari merk ternama. Bayangkan saja, ternyata satu sepeda onthel saat ini dapat di jual dari Rp 1,5 juta hingga Rp 50 juta.

Menurut salah satu anggota Paguyuban Sepeda Onthel Wisata Kota Tua, AH Masrukhi menjelaskan, jenis sepeda onthel yang paling diminati biasanya tergantung keaslian onderdil sepeda tersebut.

Baca : Sering Hujan, Dinas PU Depok Siagakan Satgas Banjir

"Sepeda merk Gazelle itu harganya paling mahal sekitar Rp 10 juta ke atas. Tergantung seriesnya, biasanya itu paling banyak dicari, soalnya bentuknya antik," kata Masrukhi kepasa infonitas.com di Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat, Selasa (11/4/2017).

Jenis sepeda onthel yang biasanya di jual, kata dia, untuk para komunitas dan pecinta sepeda onthel. Menurutnya, jenis Master dan Rally biasa dipakai para ojek sepeda onthel di Kota Tua, Jakarta Barat.

"Jenis Philip itu sekitar Rp 1,5 juta, ada juga Master sekitar Rp 5 juta. Kemudian Simplex Rp 7 juta dan Rally itu dari Rp 3 juta sampai Rp 5 juta. Lalu ada Batavus sekita Rp 5 juta," katanya.

Sekadar informasi, kategori sepeda onthel yang bagus yaitu di antaranya memakai rem kaki (torpedo) dan keaslian onderdil yang ada di tiap tubuh sepeda.