Feature

Topeng Monyet Hidup Lagi di Jakarta?

Senin, 14 Mei 2018 11:00:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : R Maulana Yusuf

Topeng monyet
Topeng monyet

Share this








Pertunjukkan topeng monyet keliling pernah dilarang oleh Joko Widodo saat menjabat Gubernur DKI Jakarta dengan mencanangkan Jakarta bebas topeng monyet.

CAKUNG – Jakarta pernah dicanangkan sebagai kota yang bebas dari topeng monyet. Tepatnya pada 2014 silam, saat Joko Widodo masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Saat itu, Joko Widodo meminta Jakarta bebas topeng monyet. Banyak razia dilakukan di berbagai titik di Ibukota. Hingga sulit sekali kita menemukan pertunjukkan topeng monyet.

Namun kenyataannya, pertunjukkan topeng monyet mulai bermunculan kembali di Jakarta. Di wilayah Cakung, Jakarta Utara, menjadi salah satu contohnya. Ada dua pengamen yang mempertunjukkan topeng monyet.

Monyet sebagai “aktor utama” dalam pertunjukkan itu memperagakan berbagai atraksi mulai mengendarai sepeda motor, belanja ke pasar, hingga menirukan gerak ibadah.

Tidak heran bila monyet itu bisa melakukannya. Tentu dengan telah dilatih keras untuk bisa menirukan aktivitas yang diminta tuannya.

Salah satu pengamen topeng monyet, Asep mengatakan, masih merasa takut berkeliling mempertunjukkan atraksi topeng monyet. Dirinya masih harus “kucing-kucingan” dengan petugas. Salah satu jalan selamat adalah harus masuk ke gang perkampungan warga.

"Kucing-kucingan juga mas, makanya mainnya di lapangan atau lokasi yang berada di perkampungan warga," ungkapnya kepada Infonitas.com  Senin(14/5/2018).

Asep mengaku terpaksa memberanikan diri untuk kembali mengamen topeng monyet karena desakan ekonomi. Selain itu, jarangnya ada razia topeng monyet juga membuatnya berani kembali.

"Mau gimana lagi mas, saya kan butuh makan, lagian razianya juga udah gak ada kayanya," tutup Asep.