Feature

Taman Makam Pahlawan Raga Sampurna Riwayatmu Kini

Jumat, 10 November 2017 17:30:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Ronald Tanoso

Taman Makam Pahlawan Raga Sampurna
Taman Makam Pahlawan Raga Sampurna

Share this








Taman Makam Pahlawan Raga Sampurna sedikit tak terurus namun tetap terlihat rapi. Warga sekitar banyak yang tidak mengetahui nama pahlawan yang dimakamkan di sana

CILEUNGSI – Siapa yang menyangka, dipadatnya sebuah perkampungan, ternyata masih ada sebuah pemakaman yang dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir para pejuang kemerdekaan.

Namanya Taman Makam Pahlawan Raga Sampurna. Di sana, ada sekitar 26 makam tanpa nama yang dipercaya oleh warga sekitar adalah makam para pahlawan.

Berlokasi di Jalan Pahlawan RT 03 RW 06 Kampung Tengah Cileungsi, makam ini dipercaya oleh warga sekitar sudah ada sejak lama. 

Syarifudin (46), salah satu warga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi makam mengatakan, sejak dirinya tinggal dikampung ini 25 tahun silam mengakui sudah ada makam tanpa nama tersebut.

“Sejak dahulu sudah ada memang makam tersebut. Saya tidak tahu makam pahlawan siapa, soalnya tidak ada namanya,” ujarnya kepada Infonitas.com, Jumat (10/11).

Keberadaan makam ini diperkuat dengan adanya sebuah papan nama (plang) yang letaknya sekitar 50 meter dipinggir jalan. Posisinya yang agak masuk gang, makam ini terlihat sedikit tak terurus. Namun tetap terlihat rapi.

“Beberapa hari yang lalu, ada beberapa anggota dari koramil yang datang membersihkan areal lahan dan juga mengganti bendera. Mungkin buat memperingati hari pahlawan nasional,” ujarnya.

Meskipun demikian, dengan keberadaan makam ini, menunjukan bahwa di wilayah Cileungsi dan sekitarnya pernah ada beberapa pejuang kemerdekaan dimasanya. Dan ini dibuktikan dengan keberadaan taman makam tersebut.