Minggu, 25 November 2018 12:15:00
Editor : Fauzi | Reporter : Leny Kurniawati
Dailio Coffee
Dailio Coffee
Foto : Dwi Prastyo
 

BEKASI – Banyak strategi bisnis yang ditempuh para pemilik dan pengelola bisnis kedai kopi. Tujuannya, tak lain untuk memenangi persaingan bisnis yang ada. Misalnya Kopi Baris milik Muhammad Kurniawan. Berangkat dari kegemarannya menyeruput kopi, ia pun membuka kedai kopi dengan keunggulan, apresiasi dan penghargaan kepada para peracik kopi yang bekerja di Kopi Baris.

“Kami menghargai para peracik kopi dengan cara, para konsumen bisa menikmati kopi yang dibuat oleh peracik kami, sesuai selera mereka. Ini menghadirkan keakraban dan kekeluargaan yang menjadi benefit buat kami,” ujarnya.

Sementara itu, jika Anda ingin menyicipi beragam jenis kopi dari berbagai daerah di Nusantara, Kedai Kopi Ngopiisme cocok bagi Anda. Richard dari Kedai Kopi Ngopiisme menuturkan, kedainya menghadirkan jelajah Nusantara melalui beragam jenis kopi yang rutin digilir setiap bulannya.

“Setiap bulan kami selalu menghadirkan 10 jenis kopi yang berbeda dari berbagai wilayah di Indonesia yang citarasanya berbeda-beda. Menelusuri Madheling melalui kopi, menghadirkan Wamena melalui kopi, kira-kira seperti itu. Masih banyak kopi Nusantara yang belum dieksplor, padahal kualitas dan citarasanya lebih baik dari kopi luar negeri,” paparnya.

Adapun Dailio Specialty Coffee memilih untuk menerapkan strategi bisnis sebagai specialty coffee dengan standar specialty coffee industry dan culture yang masih jarang dimiliki di Kota Bekasi. Bahkan, mereka juga memiliki roaster lab untuk mengolah dan mengembangkan kopi, sehingga kopi yang dijual dalam kualitas dan kesegaran yang tepat.

“Tantangan bagi strategi bisnis kedai kopi kami salah satunya adalah, kesulitan untuk mencari sumber biji kopi yang berkualitas dan memenuhi standar kami. Sebab, di Indonesia itu, teman-teman petani biji kopi masu perlu support dalam pengembangan industri kopi di hulu, khususnya pada proses tanam, panen dan paska tanam. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas hasil panennya,” tukas owner Dailio Specialty Coffee Farid Aziz.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda