Minggu, 25 November 2018 16:30:00
Editor : Fauzi | Reporter : Leny Kurniawati
Ilustrasi Kedai Kopi
Ilustrasi Kedai Kopi
Foto : Dwi Prastyo
 

CIBUBUR – Potensial dan dinamisnya bisnis kedai kopi, membuatnya memiliki beragam strategi bisnis yang bisa dicoba. Kebanyakan strategi hanya pada biji kopi, olahan kopi, peralatan yang dipakai, hingga sekadar spot Instagramable. Memang, hal-hal tersebut termasuk dalam strategi bisnis yang perlu diperhatikan, tapi itu hanya sebagian saja. Jika ingin kedai kopi Anda ramai dikunjungi, tidak ada salahnya memerhatikan beberapa hal ini.

Pertama, sebagai pemilk Anda perlu memahami seluk-beluk berbagai hal mengenai kopi. Kenapa? Konsumen saat ini sangat aware dengan metode penyeduhan, asal biji kopi, sampai cara panen dan penyimpanan yang menentukan keasaman kopi. Artinya, Anda harus bersiap menghadapi pecinta atau penyuka kopi, bukan sekadar penikmat.

Terlihat menakutkan jika Anda tidak siap. Namun, jika Anda aware dengan hal ini, pengunjung akan ‘percaya’ dengan kedai kopi Anda. Karena, Anda bisa memahami keinginan konsumen dan menghasilkan produk kopi yang memiliki value. Bahkan, Anda juga bisa menciptakan signature coffee yang menjadi ciri khas kedai kopi Anda.

Kedua, kebanyakan pelaku bisnis kedai kopi saat ini terjebak pada permasalahan desain interior. Tak heran, banyak kedai kopi yang berlomba-lomba menghadirkan berbagai jenis desain interior. Cukupkah? Tidak, karena yang dibutuhkan dari menikmati secangkir kopi adalah atmosfer, bukan sekadar desain interior yang membuat orang sibuk dengan gadget sendiri. Ini tidak salah, tapi Anda bisa memaksimalkan bisnis Anda dengan menciptakan atmosfer yang menjadi ciri khas kedai kopi.

Bangunlah suasana kedai kopi yang hangat, penuh kekeluargaan, dimana Anda maupun pegawai bisa membangun interaksi dengan konsumen, maupun konsumen dengan konsumen sendiri, dimana mereka bisa saling berkenalan dan berinteraksi. Jika ini terealisasi, Anda akan memiliki banyak konsumen loyal yang sering datang dan berdiskusi. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan kedai kopi Anda menjadi mini coworking space.

Ketiga, cobalah berikan value untuk kedai kopi Anda, misalnya dengan memberikan fasilitas gratis meeting room atau space activity, kepada konsumen yang menggelar acara dengan jumlah pesert minimal yang Anda tetapkan. Ini bisa menjadikan kedai kopi Anda dilirik oleh pasar komunitas yang senang mengadakan gathering atau sekadar kopi darat.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda