Features

Penjahit Baju Dinas Anies Baswedan Itu Tinggal Dekat Rumah Ahok

Kamis, 12 Oktober 2017 18:30:00
Editor : Fauzi | Reporter : Farid Hidayat

Suasana kerja di Chiu Tailor.
Suasana kerja di Chiu Tailor.

Share this








Terletak di kawasan Muara Karang, penjahit baju dinas Anies Baswedan jaraknya hanya sepelemparan batu dari rumah Ahok, saingannya saat Pilkada DKI Jakarta lalu.

PENJARINGAN – Jelang pelantikan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Senin (16/10) pekan depan. Sejumlah persiapan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan. Salah satunya adalah Pakaian Dinas Upacara (PDU) yang akan dikenakan saat pelantikan di Istana Negara. Untuk yang satu ini, Anies memercayakan Chiu Tailor untuk menjahit baju dinas yang akan dipakainya. Lokasinya dekat rumah Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) pesaingnya dalam Pilkada DKI Jakarta lalu.

Terletak di Muara Karang Blok O VIII Timur, No.73, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Pantauan Infonitas.com tempat Chiu Tailor tidak begitu mewah, hanya rumah toko (ruko). Kebetulan di sepanjang jalan ini kebanyakan restoran. Jadilah plang papan nama Chiu Tailor mudah ditemukan.

Thio Ahmad Hendra, pemilik Chiu Tailor ketika ditemui Infonitas.com mengatakan, dirinya memulai usaha sejak tahun 1977. Sebelumnya dia masih ikut orang, sebelum akhirnya memutuskan membuka usaha sendiri, ketika mendapatkan orderan pertama kali dari orang Pemprov DKI Jakarta. "Dari situlah saya berani buka sendiri. Awalnya ikut orang, tidak bisa menjahit dulu, cuma jadi cari order dan saya pun belajar menjahit," kenangnya.

Pria 64 tahun ini menuturkan, dirinya pernah menjahitkan baju dinas untuk Gubernur DKI Jakarta beberapa tahun lalu, Fauzi Bowo (Foke). Ia mengenang, order jahitan PDU untuk Foke tersebut datangnay dari Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH dan KLN) Pemprov DKI Jakarta ketika itu, Muhammad Mawardi.

"Ketika itu dia (Mawardi) datang untuk memesan dijahitkan baju Gubernur DKI Jakarta. Saya kaget saat itu, karena sudah lama tidak menerima pesanan dari Pemrov DKI," tandasnya.

Terkait baju yang yang akan dikenakan Anies Baswedan dalam pelantikan nanti, sebagai penjahit baju dinas yang profesional, hari ini ia sudah menyerahkan baju tersebut ke kediaman Anies di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan. Pesanan tersebut terdiri dari beberapa setelan baju jas, celana dan kemeja lengan panjang serba putih, dua stel seragam dinas cokelat yang akan dikenakan Anies kelak saat berdinas sebagai gubernur.