Senin, 28 Mei 2018 11:30:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ade Indra Kusuma
Hanana Ice Cream
Hanana Ice Cream
Foto : Reggy Prawoso
 

KEMBANGAN - Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan mengubah hambatan menjadi sebuah peluang. Dalam bisnis, kemampuan ini bisa menjadi tanda sukses sebuah usaha. Itulah yang digunakan oleh Edi Santoso, owner Hanana Ice Cream.

Usaha yang dibangun sejak 2016 lalu ini, terus berkembang. Terlebih setelah dirinya masuk dalam program One Kecamatan One Central Enterpreneurship (OK OCE). Pada tahun 2017, menyakinkan diri untuk fokus pada pengembangan ice cream.

Edi menjelaskan usaha ice cream ini ini bangun setelah dirinya melakukan survey. Hasilnya, ternyata pembuat es krim di Jakarta Barat masih terbilang sedikit. Kondisi itu dinilainya sebagai sebuah keterbatasan sebagai peluang bisnia. Meski begitu, bukan berarti bisnisnya ini berjalan tanpa hambatan.

“Saya belum ada yang mengenali serta persaingan dari es krim ternama membuat saya sempat drop sedikit. Tapi saya jalan terus hingga sekarang,” katanya.

Nama Hanana sendiri didapatkan, Esa ketika  mendengarkan sebuah lagu yang memiliki arti “Keberuntungan Kami”. Kini, Hanana Ice Cream sudah terdaftar di Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Bukan hanya merek dagang, langkah memastikan kehalalan produk yang dijual pun di peroleh melalui serifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kemampuan Edi dalam komputer dimanfaat dengan membuka pasar secara online. Namun, tidak hanya mengandalkan online, usaha ini pun tetap menggunakan jalur konvensional offline. “Saya kembangkan di sosmed dan internet tapi telah mengenalkan skema keagenan. Bahkan, sekarang sudah bekerjasama dengan beberapa RPTRA di antaranya RPTRA Wijaya kusuma,” terangnya.

Selama Ramadan ini, diakuinya punya pengaruh yang cukup signifikan terutama dalam penjualan dan omzet dari produk Hanana Ice Cream. Penjualan bisa meningkat waktu buka puasa mencapai 60 persen.

“Kalau puasa paling banyak ya waktu abis buka puasa kalau lebaran biasanya sih banyak waktu takbiran dan ada pesanan saja,” jelas Edi.

Soal jenis dan harga, Hanana Ice Cream yang dibanderol mulai dari Rp 10 ribu untuk cup kecil hingga Rp 40 ribu untuk cup besar. Ada juga yang berupa es stick yang dibanderol mulai dari Rp 5.000.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda