Feature

Menguak “Mistis” di Makam Keramat Mbah Kranggan

Kamis, 14 September 2017 18:45:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Ronald Tanoso

Makam Mbah Kranggan
Makam Mbah Kranggan

Share this








Makam Mbah Kranggan dikenal memiliki sisi mistis oleh warga setempat. Di sana, banyak pengunjung datang untuk berziarah dan menggelar ritual tertentu.

KRANGGAN –  Kecamatan Jatisampurna merupakan salah satu Kecamatan di Kota Bekasi yang  masih memiliki tempat yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Salah satunya, sebuah makam yang terletak di Jalan Lurah Namat, Kelurahan Jatisampurna, Kecamatan Kranggan. 

Makam ini dikenal dengan nama Kraton Pasarean Selamiring Embah Uyut Kranggan atau Makam Mbah Kranggan. Berdiri diatas pekarangan seluas 1000 meter. Di sana, terdapat 3 bangunan yang terkesan tua dengan ukuran berbeda. 

Meski suasana sekitar makam begitu asri dengan rindangnya pepohonan besar, namun tidak memudarkan kesan mistik di dalamnya. Makam yang berusia hampir ratusan tahun ini begitu dikeramatkan oleh warga sekitar.

Kesan mistik begitu terasa ketika memasuki perkarangan komplek pemakaman. Di salah satu sudut perkarangan, terdapat sebuah pohon beringin tua berusia ratusan tahun. Pohon tersebut ditutupi kain hitam berwarna putih.

Suasana mistis Makam Mbah Kranggan semakin menjadi dengan mitos adanya harimau putih yang menjaga komplek pemakaman. Sesekali harimau tersebut menampakan wujudnya kepada pengunjung.

Keberadaan makam keramat Mbah Kranggan telah dikenal masyarakat luas. Mereka bahkan kerap berziarah dan melakukan ritual pada waktu tertentu.

“Ada saja beberapa warga yang datang ke makam untuk melakukan ritual. Biasanya malam Senin dan malam Jumat,” ujar Jajang, warga sekitar yang ditemui Info Cibubur.

Dia mengatakan, selain makam Mbah Kranggan, ada juga salah satu makam seorang bangsawan dari Banten. Beliau adalah adik seperguruan dari seorang Pangeran Sa’uf yang merupakan satu seperguruan (padepokan) dengan putera Sultan Banten Syeh Maulana Mansyur. 

“Dulunya disini ada semacam tempat petilasan dan tempat dikuburnya barang-barang pusaka milik dari Syanghyang Senopati Raden Rangga,” tandasnya.

Besarnya energi magis di lingkungan makam Mbah Kranggan bukan isapan jempol semata. Hal tersebut yang dirasakan langsung oleh tim Info Cibubur. Selama berada di sana, bulu kuduk dibuat merinding.

Bahkan, salah satu juru kunci makam mengingatkan untuk menjaga lisan dan perbuatan selama berada di sana. Hal tersebut untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

“Jika berkunjung ke sini sebaiknya tidak berpikiran macam-macam. Jangan bicara sembarangan,” pesan sang juru kunci. Bahkan, dirinya pun meminta kepada Info Cibubur untuk tidak mengambil gambar menggunakan kamera demi kebaikan bersama.