Features

Mengenal Lebih Dekat Komunitas Kemayoran Senam Club

Minggu, 16 Juli 2017 15:00:00
Editor : Dany Putra | Reporter : Yatti Febriningsih

Komunitas Kemayoran Senam Club
Komunitas Kemayoran Senam Club

Share this








Komunitas Kemayoran Senam Club sudah berdiri sejak 20 tahun lamanya dan selalu eksis mengadakan kegiatan senam ruti di Kemayoran.

JAKARTA – Senam saat ini mulai digandrungi semuan kalangan. Kegiatan olah tubuh ini banyak sekali dijumpai di berbagai kegiatan seperti Car Free Day (CFD). Salah satu penggiat senam juga datang dari berbagai komunitas, salah satunya komunitas Kemayoran Senam Club (KSC) yang tergabung dalam yayasan Jantung Sehat Indonesia.

“Komunitas kita ini namanya Kemayoran Senam Club (KSC). KSC ini selalu beraktifitas di arena Mega Glodok Kemayoran (MGK). Kami rutin mengadakan senam setiap satu minggu sekali, tepatnya setiap hari minggu mulai pukul 06.00 – 07.30 WIB,” kata Ketua KSC, Mardiono saat dijumpai Infonitas.com dilokasi, Minggu (16/7/2017). 

Mardiono mengatakan, awalnya komunitas ini terbentuk dengan niat sebagai wadah untuk berkumpul saja. Namun, tercetuslah untuk membuat Komunitas Senam Club ini yang seudah berdiri puluhan tahun lamanya. 

“Komunitas ini pada awalnya hanya kumpul-kumpul saja. Saya sebelumnya tidak menjabat, tapi sesepuh-sesepuh saya ini yang menjadi saksi hidup kurang lebih 20 tahun lalu. Pada saat itu area ini belum sebagus seperti saat sekarang ini,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dari komunitas yang hanya segelintir saja lama-lama menjadi ratusan orang. Hal ini karena senam merupakan olahraga untuk menjaga kesehatan yang tentunya banyak orang menyambut kegiatan ini positif. Mardiono menyebut Anggotanya juga sampai saat ini terus bertambah dan selalu aktif melakukan senam rutin.

“Pernah pada tahun 2014 membuat kartu anggota. Itu kurang lebih 200 orang dan seiringnya waktu itu semakin berkembang. Tapi sekarang pasang surut karena senam ada dimana-mana. Sehingga mereka silahkan leluasa untuk ketempat yang memang disukai,” lanjutnya.

Keunikan KSC

Mardiono mengatakan, banyak orang yang ingin bergabung dengan komunitas senam ini karena memiliki keunikan tersendiri. Keunikannya adalah, jika orang lain sebelum melakukan senam di awali dengan melakuan pemasanasan fisik, namun komunitas KSC lebih memilih untuk melakukan pemasanan jantung sebelum melakukan senam.

“Sebelum kita melaksanakan aerobic, kita awali dengan senam jantung sehat. Karena apa, karena supaya pemanasan terlebih dalulu. Karena daya tahan tubuh kita kan belum fit sama sekali. Jadi selalu kita buka dengan senam jantung sehat,” jelasnya.

Tidak hanya senam, KSC ini juga punya banyak sederet kegiatan lainnya yang tidak kalah unik. Salah satunya adalah arisan gaul yang dipelopori oleh para anggotanya.

“Kegiatan kita ini ada kegiatan sosial yang berkaitan dengan para anggota yang terkena musibah.  Kita juga punya kegiatan namanya arisan gaul.  Yah mungkin nama itu tercetus dari ibu-ibu tuh, saya nggak tahu. Apakah mungkin anggotanya tidak mau disebut terlalu tua.  Arisan ini dua minggu sekali, arisan sambil bersilahturahmi,” lanjutnya.

Menariknya lagi, meskipun senam identik dengan wanita tidak begitu dengan komintas ini. Rata-rata tim intinya terdiri dari para pria yang selau hadir setiap kegiatan senam.

“Sebenarnya anggota dari yayasan jantung sehat itu ada sekitar 13 anggota, dan itu tidak cowok semua kok, ada seksi-seksi lain juga. Tapi, anggota inti memang rata-rata cowok,” tukasnya.