Feature

Menakar Kebutuhan Wedding Venue di Serpong

Kamis, 26 Juli 2018 10:30:00
Editor : Galih Pratama | Reporter : Alfi Dinilhaq

Wedding venue di Damai Indah Golf, BSD.
Wedding venue di Damai Indah Golf, BSD.

Share this








Kebutuhan wedding venue di kawasan Serpong sangat tinggi. Sebagian wedding venue sudah kebanjiran order hingga akhir tahun ini.

SERPONG - Pesta pernikahan memang jadi momen sakral sekaligus spesial yang dialami sebagian besar orang. Untuk mempersiapkan pesta tersebut tentu tak tak mudah. Salah satu yang cukup menjadi perhatian adalah tempat resepsi. Venue memang menjadi salah satu persiapan utama yang akan membuat acara ikrar janji suci pasangan menjadi sempurna.

Tren pernikahan pun kini mulai bergeser, dari dulu yang hanya menggelar pernikahan di rumah menjadi ke sebuah gedung. Tak heran bila, jasa yang menyediakan wedding venue terus kebanjiran order. Di kawasan Serpong misalnya, beberapa wedding venue yang bisa menjadi rujukan untuk pasangan melangsungkan pernikahan.

Salah satunya adalah Damai Indah Golf. Arena olah raga  golf yang beroperasi sejak 1992, kini bertransformasi dengan menyediakan wedding venue. "Ternyata sambutan dari tamu undangan cukup bagus dan acara pertama sukses sehingga tamu merekomendasikan ke yang lain," jelas Sarwo Edi, Sr. Banquet Operasional Damai Indah Golf. 

Damai Indah Golf bisa menjadi pilihan untuk menghelat wedding karena memiliki lokasi dengan pemandangan yang indah untuk outdoor dan indoor berlatar belakang pemandangan yang asri.  Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri di Damai Indah Golf.  “Sehatun kami bisa menggelar 40 wedding dengan segmentasi pasar kalangan menengah ke atas," papar Edi.

Bulan ini (Agustus) hingga Desember 2018, Edi mengaku sudah banyak calon pengantin yang mem-booking tempatnya. Sebulan bisa menggelar 3 – 4 kali pernikahan. "Pernah kami dalam sebulan menggelar 8 acara wedding," tambahnya. 

Bergeser ke Gading Serpong terdapat Ohana Enterprise yang merupakan wedding company yang menghandle seluruh kebutuan pernikahan. Ohana Enterprise ini memiliki wedding venue bernama Unity Ballroom, Gading Serpong. "Kita berdiri sejak 2015. Awalnya hanya menyewakan wedding venue saja hingga saat ini kita sudah dilengkapi dengan paket wedding dan wedding company untuk mengurus segala keperluan pernikahan," jelas Syane Maria Wagyu, Marketing Manager Ohana Enterprise. 

Selain di Unity Ballroom Gading Serpong, Ohana Enterprise juga bisa menawarkan wedding venue lain kepada calon pengantin. Seperti di  Menara Top Food, Nusantara Hall dan Garuda Hall ICE BSD City, The Spring Club, dan NLW Hall. 

Diakui Syane, kawasan Serpong menjadi lokasi favorit pasangan untuk melansungkan pernikahannya. Dalam setahun, Ohana Enterprise bisa menghelat 200 hingga 300 resepsi pernikahan. Dia pun mencatat, hingga akhir Desember, sudah banyak pasangan yang membooking tempat, khususnya di Serpong.

"Akhir tahun mulai dari Agustus, September hingga Desember menjadi favorit. Baahkan kalau saat ini orang sudah booking untuk tahun 2019. Jadi, alangkah baiknya booking setahun sebelum acara, kalau sudah hitungan beberapa bulan sebelum acara banyak yang full," tambah Syane.

Selain itu di kawasn BSD City juga ada Indonesia Convetion Exhibition (ICE) BSD City yang hadir sebagai opsi yang menarik. ICE BSD City mampu menyokong prosesi perayaan acara pernikahan. "Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ICE telah menjadi salah satu tujuan event-event berskala nasional maupun internasional, baik itu exhibition, convention, destinasi MICE ataupun corporate meeting. ICE juga menjadi pilihan utama untuk event pernikahan berskala kecil maupun besar," ungkap Siti Karmila, Head of Sales and Marketing Indonesia Convention Exhibition. 

Salah satu tempat yang dikhususkan untuk wedding venue adalah Nusantara Hall. Hall ini memiliki kapasitas yang cukup besar, bisa mencapai 4.000 tamu undangan. Memiliki predikat sebagai exhibition dan convention center terbesar di Asia Tenggara, ICE BSD juga dilengkapi dengan fasilitas berstandar internasional, serta ditunjang dengan profesionalisme terdepan yang dioperasikan oleh Deutsche Messe.

Sediakan Tempat Sekaligus Paket Pernikahan

Tak hanya tempat, beberapa jasa wedding venue juga memberikan menawarkan paket pernikahan yang cukup lengkap. Pilihan paket tersebut tentunya disesuaikan dengan budget calon pengantin.

Seperti di Damai Indah Golf BSD. Tempat memiliki luas lapangan 80 hektare ini hadir menawarkan beragam paket pernikahan. Ada tiga paket pernikahan yang disediakan. Pertama, ada paket perniakahn untuk 300 orang seharga Rp 165.000.000 dengan buffet seharga Rp 263.780  neet/person.

Paket kedua, ada paket pernikahan seharga Rp 225.000.000 minimum buffet order 500 person dengan additional buffet Rp 263.780 nett/person. Terakhir, calon pengantin bisa memilih paket pernikahan seharga Rp 268.000.000 minimum buffet 500 person dengan additional buffet Rp 324.000 nett/person. 

Harga tersebut sudah termausk Wedding Decoration, Entertaintment, Wedding Cake, F & B, Photo Video & Prewedd Outdoor. Selain itu juga ada banyak complimentary yang akan didapatkan pasangan pengantin. "Harga paket bisa lengkap dengan semua kebutuhan seperti dekorasi dan lain lain. Kita juga menjalin kerja sama dengan beberapa vendor,” kata Sarwo Edi, Sr. Banquet Operasional Damai Indah Golf.

“Akan tetapi kalau ada vendor sendiri juga bisa, karena paket ini masih bisa bongkar pasang, kecuali F&B yang harus dari sini. Kemudian cukup ambil pake buffet per orang saja, juga sudah bisa menikmati venue kami untuk indoor dengam pemandangan," tambahnya.

Sama halnya di Ohana Enterprise. Tak hanya sewa gedung, Ohana Enterprise juga menawarkan paket pernikahan lengkap. Menariknya, Ohana Enterprise tak hanya menargetkan kalangan tertentu, melainkan semua kalangan. Bersama anak perusahaannya, yakni Green Organizer yang memiliki paket harga terjangkau. Khusus paket pernikahan di Ohana Enterprise mulai dari Rp 195.000.000. Sedangkan di Green Organizer mulai dari Rp 145.000.000. 

"Target kami semua kalangan yang ingin wedding dengan berbagai nuansa baik tradisional, nasional, dan internasional. Paketnya semuanya kita ada dan ada juga anak peruhasaan dengan harga yang ekonomis," jelas Syane Maria Wagiu, Manager Markering Ohana Enterprise.

Unity Building dari Ohana Enterprise bisa menampung hingga 1.000 orang tamu untuk standing party. Lokasi yang strategis di Gading Serpong membuat Unity Building mudah di cari. Fasilitas lengkap membuat acara pernikahan makin mudah dengan fasilitas free vallet parking, lobby besar, dan ada rooftoop.

Ohana Enterprise juga memberikan kemudahan sistem pembayaran bagi calon pengantin. Cukup memberikan down payment (DP) dan nama. Dua minggu setelahnya, pengantin bisa cek langsung venue. "Kita fleksibel dan tidak langsung deal. Kalau tidak jadi, dana DP bisa refund. Pembayaran juga bisa installment by kontrak kerja kita. Seperti wedding tahun depan, pembayaran bisa dibagi perbulan," papar Syane. 

Sementara ICE BSD City mencoba mengikuti tren perayaan pernikahan dalam konsep sederhana dan intim dengan menghadirkan Garuda Room yang dapat mengakomodasi mulai dari 400 hingga 1.200 tamu. "Dengan memilih Lavender Wedding Package, setiap calon pasangan pengantin juga dapat menikmati fasilitas hingga penawaran selebrasi yang menarik," jelas Siti Karmila, Head Sales & Marekting ICE BSD City. 

Kemudian ada Nusantara Hall yang merupakan ruangan convention paling mewah di ICE dengan luas 4.000 meter persegi dan area pre-function yang luas, yakni 3.400 meter persegi ini mampu menampung hingga 4.000 tamu undangan untuk standing party. "ICE juga menyajikan menu F&B yang bertaraf international dan tradisional, serta ditunjang oleh koki dan pramusaji yang berpengalaman. Pelayanan yang mengedepankan kepuasan para tamu pun menjadi jaminan bahwa hari pernikahan Anda akan menjadi momen istimewa yang telah Anda impikan sejak lama," tambah Siti. 

Di dalam area ICE BSD juga telah tersedia hotel bintang 4 dengan kapasitas 285 kamar, yang tentunya dapat memenuhi kebutuhan akomodasi keluarga hingga kerabat mempelai.