Minggu, 02 Desember 2018 12:15:00
Editor : Fauzi | Reporter : Leny Kurniawati
Kopi Lokal
Kopi Lokal
Foto : Dwi Prastyo
 

CIBUBUR – Gempuran kedai kopi franchise berlabel asing, mendapat ‘perlawanan sengit’ di kawasan Cibubur. Kian meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menikmati kopi lokal, bukan sekadar kopi instan apalagi hanya sekadar ikut trend ngopi, membuat kopi lokal menjadi tuan rumah di kawasan Cibubur.

“Coffe Toffe memiliki visi-misi, menjadikan kedai kopi lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri, dengan menghadirkan beragam kopi lokal yang berkualitas. Beragam jenis kopi lokal yang kami hadirkan, bertujuan untuk memberitahu masyarakat sekaligus mengedukasi akan kekayaan jenis kopi di Indonesia. Ada tujuh jenis kopi khas Nusantara di sini, Java Mocha, Sulawesi Toraja, Bali Kintamani, Aceh Gayo, Sumatera Linthong, Mount Malabar dan Flores Bajawa,” terang Owner Franchise Coffee Toffee Kota Wisata Mita Pramita, Jumat (23/11).

Sementara itu, General Manager Mokka Coffee Cabana Metropolitan Mall Cileungsi Aditya Chandra menuturkan, budaya minum kopi lokal di wilayah Cibubur dan sekitarnya sangat kental, namun identik dengan kopi pahit atau kopi tubruk. Ini yang menjadi ide didirikannya Mokka Coffee Cabana. Terlepas dari hal itu, menurutnya trend kedai kopi ke depannya mengarah pada kopi lokal.

“Kami hadir untuk memberikan edukasi, bahwa kopi lokal bukan hanya kopi pahit, tapi banyak jenis olahan yang bisa dilakukan. Selain itu, kami juga ingin mengenalkan, bahwa kopi Indonesia tidak kalah dengan kopi-kopi luar negeri. Trend kedepan, biji kopi lokal kian jadi pilihan, seperti Aceh Gayo, Java atau Toraja,” tandasnya.

Lepas dari trend selera dan potensi bisnis kedai kopi di masa yang akan datang, sekaligus memberikan edukasi mengenai kopi lokal khas Nusantara. Strategi memilih kopi lokal menurut owner Typicali Coffee Tata Lukmanika juga untuk mengangkat ekonomi petani kopi lokal. “Dengan mendirikan bisnis kopi lokal, otomatis kita akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan petani kopi,” singkatnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda