Features

Kata-Kata Curhatan Pengunjung Hiasi Bekraf Habibie Festival

Kamis, 10 Agustus 2017 13:15:00
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Tulisan aspirasi pengunjung Bekraf Habibie Festival
Tulisan aspirasi pengunjung Bekraf Habibie Festival

Share this








Bekraf Habibie Festival di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat selain memaerkan produk-produk teknologi dan inovasi karya anak bangsa juga memberikan fasilitas pengunjung berupa menuliskan kata-kata aspirasi maupun curahan hati.

KEMAYORAN- Dalam ajang pameran Habibie Festival 2017 yang berlangsung di Hall JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, selain dapat menyaksikan beragam pameran teknologi dan inovasi, pengunjung juga diberikan ruang aspirasi untuk menuliskan harapan mereka bagi masa depan di Indonesia.

Ruang aspirasi yang berada di belakang stand PT Pindad itu dikemas dalam bentuk papan dengan panjang sekitar 3 meter dan lebar sekitar 1,5 meter. Guna menuliskan harapannya, pengunjung disediakan sticky notes (kertas catatan tempel) dengan aneka ragam warna dan juga pena.

Rupanya, tak sedikit pengunjung yang memilih menuliskan harapan mereka dengan bentuk yang kreatif. Dari sekian banyak aspirasi yang dituangkan, terselip sejumlah kata-kata harapan yang unik dan bahkan terkesan nyeleneh.

“Enggak ada jomblo!” Tertanda Reizka,” kutip salah satu tulisan di kertas catatan tersebut.

Selain itu, ada pula yang memanfaatkan ruang aspirasi tersebut untuk mengucapkan ucapan selamat ulang tahun kepada orang terkasih, misalnya untuk sosok ibunda.

“HBD My Mom (diiringi simbol titik dua bintang),” seperti dikutip dari salah satu catatan.

Selain itu, rupanya terselip pula salam semangat untuk klub sepak bola. Seperti yang tertulis di salah satu catatan berwarna kuning yang tertulis kata “Salam Satu Jiwa Arema” dengan tertanda kreasi dari Teknik Elektro Unbraw (Universitas Brawijaya) 15.

Meskipun begitu, banyak juga harapan-harapan tinggi para pengunjung demi melihat Indonesia dengan masa depan yang lebih baik. Seperti yang dikutip dari salah satu pengunjung bernama A.Z Muttaqin yang mengaku Indonesia patut bersyukur memiliki putra bangsa seperti sosok Bacharuddin Jusuf Habibie.

“Alhamdulillah, Indonesia dianugerahi Prof. Habibie,” tulisnya di catatan tersebut.

Ada juga yang menuliskan harapannya untuk masa depan Indonesia yang akan meraih kesuksesan dalam tiga tahun mendatang serta menjadi negara yang tidak berperilaku rasis dan menghargai perbedaan.

“Semoga anak-anak Indonesia bisa memajukan negaranya nanti. Semoga Indonesia bisa jadi negara maju dalam 3 tahun ke depan dan gak ada lagi rasisme,” kutip catatan tanpa nama itu.

Sementara itu, sejumlah pengunjung mengaku cukup terhibur dengan isi-isi dari harapan yang tertulis di ruang aspirasi tersebut. Salah satu pengunjung, Gery Topan (28) mengatakan kreativitas orang Indonesia sangat tinggi sehingga harapan yang disampaikan pun beragam.

“Orang kita kreatifnya itu tinggi, disuruh nulis harapan malah ngucapin selamat ulang tahun ke ibunya,” ujarnya kepada infonitas.con, Rabu (9/8/2017) sore kemarin.