Jumat, 02 November 2018 17:15:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya
Ilustrasi
Ilustrasi
Foto : Reggy Prawoso
 

PURI - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan inovasi sistem perparkiran. Tujuannya agar tertib parkir di jalan baik administrasi maupun penataan lokasi parkir.

Dua jenis sistem parkir yang telah berjalan, yakni Terminal Parkir Elektronik (TPE) dan aplikasi Jukir (aplikasi berbasis android). Keduanya, dinyatakan sejalan dengan visi-misi penertiban perparkiran.

Kepala Satuan Pelaksana Unit Perparkiran Jakarta Barat Bona Siregar menerangkan, sistem TPE sudah berjalan pada sejumlah lokasi di delapan kecamatan di Jakarta Barat. Sedangkan aplikasi Jukir baru berjalan di sepanjang Jalan Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat.

"Untuk TPE, pemilik kendaraan harus tapping kartu pada mesin. Batas waktunya per-jam," kata Bona, saat ditemui di kawasan Taman Kota Intan, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (24/10/2018).

Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Nirwono Jogo menyetujui penerapan sistem parkir moderen, seperti parkir elektronik. Penerapan sistem tersebut harus menyeluruh di seluruh lokasi parkir di Jakarta.

"Penerapan elektronik parkir harus dilakukan menyeluruh di seluruh jakarta. Karena itu pendapatan parkir bisa terserap jauh," kata Nirwono, saat dikonfirmasi, Senin (29/10).

Nirwono menyarankan, sistem parkir bisa menggunakan sistem seperti  Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Dilengkapi dengan pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) agar seluruh aktifitas perparkiran terpantau.

"Tak hanya parkir, CCTV juga untuk membantu kepolisian bila terjadi aksi kriminal," sarannya.

Dengan adanya CCTV, capture foto akan dilakukan setiap kali kendaraan terparkir. Bila tak membayar, bisa dibuat kebijakan ancaman denda ditambah saat pembayaran pajak STNK.  "Jadi semuanya terintegrasi. Ada sinergitas antara Pemprov dan kepolisian," tutupnya.

Cara Parkir TPE / Parkir Elektronik

1. Menempelkan uang elektronik pada reader di Terminal Parkir Elektronik (TPE)

2. Memilih tipe atau jenis kendaraan

3. Memasukkan plat nomor polisi kendaraan serta perkiraan lama parkir.

4. Setelah muncul konfirmasi harga, pilih tanda checklist dan struk akan keluar sebagai bukti pembayaran.

Cara Kerja Aplikasi Jukir

  1. Saat kendaraan datang, juru parkir akan foto plat kendaraan
  2. Juru parkir kategorikan jenis kendaraan (mobil, motor,bus)
  3. Aplikasi terhubung dengan alat yang diikatkan di pinggang juru parkir yang bisa mencetak tiket parkir.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda