Kamis, 14 September 2017 15:15:00
Editor : Fauzi | Sumber : DBS.
Ilustrasi Pasar Burung
Ilustrasi Pasar Burung
Foto : istimewa
 

JAKARTA – Anda penggemar burung alias kicau mania dan tinggal di kawasan Jabodetabek? Jika iya, berarti Anda termasuk beruntung. Lantaran ada beberapa pusat penjualan beragam kebutuhan untuk hobi kicau mania Anda. Tak hanya burung, sangkar serta panganan dan vitamin. Di pasar burung Anda juga bisa bertukar informasi seputar burung kesayangan hingga bergabung dengan komunitas dan mengikuti kompetisi. Berikut daftarnya;

1.Pasar Burung Pramuka (Jakarta)

Pasar burung yang satu ini boleh jadi paling populer di Tanah Air. Bahkan, sering pula diliput oleh berbagai  media dari mancanegara. Terletak di gedung dua lantai tepat di belakang gedung PD Pasar Jaya Pramuka. Total ada 300 kios burung di pasar ini. Di sini, Anda bisa menemukan beragam burung hias, mulai dari Burung Kenari, Murai Batu, Love Bird, Cucak Hijau, Pleci, Dara, Jalak, hingga unggas lain seperti ayam hias. Namun, jangan harapkan Anda bisa menemukan burung yang dilindungan pemerintah dan dunia internasional di sini. Soal harga, sangat variatif. Mulai dari Rp 100 ribu untuk Kenari lokal bakalan, Rp 250 – Rp 800 ribu untuk Love Bird, Rp 2,5 juta untuk Jalak Putih hingga Rp 4 juta untuk Murai Batu.

2.Pasar Burung Pasar Anyar (Bogor)

Sejatinya, ada beberapa tempat penjualan burung hias di Kota Hujan. Namun, Pasar Burung Pasar Anyar dipilih lantaran sudah ada sejak medio 1990-an, menjajakan burung-burung jadi dan berkualitas, serta dekat dengan Stasiun Bogor. Awalnya, pedagang burung di pasar ini berada di sekitar Gang Mekah, tak jauh dari Pasar Anyar, menghubungkan Jl. Dewi Sartika dan Jl. Gedong Sawah. Setelah kebakaran hebat dan renovasi Pasar Anyar, para pedagang pun dipindahkan ke kios-kios yang terletak di lantai 1 pasar ini. Burung yang banyak diburu di sini adalah Jalak Suren, Kenari hingga Murai Batu. Enaknya lagi, di lantai bawah pasar ini, terdapat kios-kios yang menjual beragam ikan hia air tawar maupun laut beserta kebutuhannya. Ada pula kios yang menjajakan hewan peliharaan lainnya, seperti ayam hias.

3.Pasar Burung Plenongan (Depok)

Lokasinya di sepanjang Jalan Baru Plenongan, menuju ke arah Stasiun Depok Baru. Belum lama didirikan, di lokasi ini kini ada sekira 20 kios burung hias. Awalnya, lokasi ini hanya dijadikan tempat mangkal sejumlah pedagang burung keliling yang menggunakan sepeda. Hingga akhirnya ada pemilik lahan yang menawarkan lahannya untuk disewa, jadilah satu per satu pedagang burung membuka kios permanen maupun semi permanen dengan cara sewa. Kualitas burungnya tidak kalah dengan pust-pusat penjualan burung lainnya. Di hari libur Sabtu-Minggu, banyak pecinta burung yang datang ke lokasi ini sejak pagi – sore hari. Lokasinya yang dekat dengan Stasiun Depok Baru juga menjadi keuntungan bagi kicau mania.

4.Pasar Burung Curug (Tangerang)

Terletak di Jl. Raya Curug, Tangerang, ini merupakan satu-satunya pasar burung di Kota dan Kabupaten Tangerang. Awalnya, lokasi ini diperuntukkan sebagai sarana olahraga, lantaran memang berbentuk lapangan. Namun, seiring berjalannya waktu, kawasan tersebut mulai ramai dengan penjaja burung, terutama di hari Sabtu-Minggu. Bahkan, hari biasa pun kini mulai ada yang ikut berdagang. Aktivitas pasar burung di sini dimulai pada pukul 6 pagi sampai 5 sore. Tak hanya aktivitas jual beli, pasar burung ini pun menjadi lokasi kopdar kicau mania di Tangerang.

5.Pasar Burung Rawalumbu

Terletak di Jl. Pariwisata, Rawa Lumbu, Kota Bekasi, pasar burung yang satu ini banyak melahirkan burung-burung kontes yang mampu meraih juara. Jadi, bukan hanya jual-beli, pasar burung ini menyediakan ajang untuk latihan bersama para pemilik burung kicau dan kontes. Biasanya latihan bersama ini dihelat setiap Hari Kamis. Jadi, di sini juga tepat untuk menimba ilmu seputar burung peliharaan. Enaknya lagi, pasar burung ini juga satu lingkungan dengan pasar ikan hias. Dan, setiap tahun tempat ini menggelar lomba kicau.

So, bagi Anda kicau mania yang ada di Jabodetabek, tidak ada salahnya jika menyempatkan waktu mendatangi pasar-pasar burung di atas.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda