Minggu, 25 November 2018 11:15:00
Editor : Fauzi | Reporter : Leny Kurniawati
Kedai Kopi Ngopiisme
Kedai Kopi Ngopiisme
Foto : Dwi Prastyo
 

BEKASI – Menjadi salah satu bisnis yang prospektif, bisnis kedai kopi bukannya tidak memiliki tantangan. Bahkan, menjamurnya bisnis ini bisa menjadi senjata makan tuan, jika strategi bisnis yang salah. Alih-alih sukses, banyak kedai kopi yang akhirnya gulung tikar lantaran hanya ikut-ikutan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi bisnis kedai kopi.

Pertama, tentukan konsep kedai kopi yang Anda inginkan. Perlu diingat, konsep ini akan menjadi identitas kedai kopi Anda. Semakin unik, semakin orisinal, identitas kedai kopimu semakin mudah dikenal, diingat dan tentunya membuat Anda mampu bersaing dengan beragam kedai kopi yang ada terlebih dahulu.

Kedua, tentukan pula target konsumen yang disasar kedai kopi Anda. Menentukan target konsumen tidak kalah penting, karena berkaitan erat dengan pemilihan strategi bisnis yang Anda pilih. Pemilihan konsumen terkait dengan pemilihan konsep, pemilihan jenis layanan, ambience ruangan hingga pemilihan lokasi kedai kopi.

Ketiga, hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lokasi kedai kopi yang tepat. Selama ini pertimbangan yang sering dipakai adalah harga sewa atau beli tempat, strategis atau tidak sesuai dengan target konsumen yang kita sasar. Padahal, pemilihan lokasi ini tidak bisa benar-benar berdiri sendiri. Misal, lokasi kedai kopi yang strategis berkaitan dengan konsumen, seperti kedai kopi yang menyasar kaum pekerja, tentu letaknya harus dekat perkantoran. Sementara, lokasi kedai kopi yang menyasar pelajar atau mahasiswa, letaknya tidak perlu terlalu strategi, asalkan harga sewa atau beli tempatnya tidak mahal, sehingga kopi dan makanan yang dijual bisa dijangkau pelajar dan mahasiswa. Dan, kedai kopi di tempat terpencil dan sunyi pun bisa banyak pengunjungnya, jika dikemas dengan tepat sebagai destinasi wisata.

Keempat, strategi bisnis kedai kopi yang tidak boleh disepelekan adalah penyediaan bahan baku kopi. Jika Anda serius menggarap bisnis kedai kopi, tentu tidak boleh sembarangan memilih bahan baku kopi, karena pecinta kopi saat ini kian melek kualitas kopi. Carilah jenis kopi yang sesuai konsep usaha Anda, cari supplier biji kopi jenis yang kamu inginkan yang menawarkan harga terjangkau tapi tidak mengabaikan kualitas. Pastikan supplier Anda bisa menjamin pasokan biji kopi untuk usaha Anda secara rutin.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda