Features

Di Balik Kibaran Sang Saka Merah Putih

Sabtu, 05 Agustus 2017 20:00:00
Editor : Ivan | Reporter : Wildan Kusuma

Kemal, salah seorang penjual bendera keliling di Kota Depok.
Kemal, salah seorang penjual bendera keliling di Kota Depok.

Share this








Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, Bendera Merah Putih berkibar di mana-mana. Ada sejumlah orang yang berperan di balik kibaran bendera tersebut.

DEPOK – Menjelang peringatan Hari kemerdekaan Republik Indonesia seperti sekarang, Bendera Merah Putih berkibar hampir di setiap rumah. Menandakan bahwa pemilik rumah cinta akan Tanah Air dan menjunjung tinggi kemerdekaan yang berhasil direbut para pejuang.

Di balik berkibarnya Sang Saka Merah Putih itu, ternyata ada sekelompok orang yang sudah berperan peting. Mereka adalah para penjual bendera keliling. Berkat mereka, hampir seluruh orang di negeri ini memiliki bendera dan mengibarkannya di depan rumah.

Karena perannya ini, Kemal (42), salah seorang penjual bendera keliling di Depok mengaku bangga. Sebab itu pula, ia selalu rela meninggalkan profesinya sebagai buruh serabutan untuk berjualan bendera saat momen peringatan kemerdekaan menjelang. Padahal, ia harus membawa serta gerobak dan puluhan tiang bendera panjang yang berat saat berjualan.

“Senang bisa jadi bagian dalam perayaan hari kemerdekaan. Tapi sayang, warga tidak serentak memulai persiapan untuk menyambut 17 Agustus. Ada yang sudah mulai-mulai dekorasi, ada juga yang belum," ujar Kemal saat ditemui Infonitas.com di kawasan Jalan Juanda, Depok, Sabtu (5/8/2017).

Kendati dinilai menjadi bagian penting dari peringatan Hari Kemerdekaan, namun Kemal tidak ingin dipandang layaknya pahlawan kemerdekaan. Ia sadar kapasitasnya jauh berada di bawah itu. Ia hanya ingin diperhatikan pemerintah setempat dengan cara diberi lapak jualan khusus.

"Iya kan bukan saya saja yang jual bendera keliling di Depok, tapi banyak. Minimal pemerintah bisa memperhatikan kami lah. Minimal bisa diberikan lapak untuk kami para pedagang bendera berjualan," katanya.