Senin, 02 Juli 2018 16:00:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ichwan Hasanudin
Asyiknya berkantor di coworking space
Asyiknya berkantor di coworking space
Foto : Reggy Prawoso
 

PURI - Coworking space belakangan ini menjadi tren bagi tempat bekerja bagi banyak kalangan, terutama kalangan muda dan startup. Tempat ini memberikan suasana berbeda. Sebuah tempat kerja tanpa ada “rasa kantor”. Fasilitas yang diberikan coworking space bisa dibilang sangat lengkap tak kalah dengan kantor. Harganya pun bisa disesuaikan dengan budget konsumen. Beragam pilihan paket ditawarkan oleh tempat kerja bersama ini.

Tidaklah mengherankan bila coworking space banyak diminati kalangan mahasiswa, freelancer atau startup. Coba lihat saja paket yang ditawarkan BACKSPACE yang berlokasi di Lippo Mall Puri. BACKSPACE memberikan dua pilihan paket untuk per bulan yakni 30 Hours Package seharga Rp 600 ribu dan Unlimited Hours Package sehaharga Rp 1,8 juta.

Lain halnya dengan KEDASI. Coworking space ini menawarkan dua paket pilihan dengan sasaran dan harga yang berbeda, yakni Casual Package dan Monthly Package. Untuk Casual Package, ada pilihan hourly (Rp 30 ribu), daily (Rp 100 ribu), dan dan daily untuk pelajar atau mahasiswa (Rp 75 ribu). Sementara paket Monthly Package terdiri dari 25 hours (Rp 450 ribu), 50 hours (650 ribu), 100 hours (90 ribu), dan Unlimited (1,2 juta).

Paket yang ditawarkan itu menjadi pilihan alternatif ruang kerja. Seperi yang dikatakan Tedi Chandra (40 tahun). Selain sebagai tempat menyelesaikan pekerjaan, coworking space menjadi tempat untuk berkomunikasi dan berinteraksi. “Kami bisa membangun koneksi bahkan kolaborasi dalam bisnis dengan perusahaan lain di sini,” katanya. Diakuinya, komunikasi dan saling interaksi itu menjadi keuntungan tersendiri bagi para startup untuk pengembangan ide dan bisnisnya.

Berbeda dengan Tedi, Andhika Pramudita (30 tahun) beralasan keterbatasan modal menjadi sebab dirinya banyak menggunakan coworking space sebagai ruang kerja. Menurutnya  bekerja di coworking space membantu dirinya tidak mengeluarkan biaya besar untuk bisa memiliki kantor. Dengan menjadi member coworking space, dia bisa memanfaat segala fasilitas yang disediakan oleh pengelola ruang kerja bersama ini.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda