Features

Asyik Main Ular Tangga Jumbo di RPTRA Biru Laut Kelapa Gading

Senin, 19 Desember 2016 21:02:41
Editor : | Reporter : Muhammad Azzam

Ular Tangga Jumbo di RPTRA Biru Laut Kelapa Gading.
Ular Tangga Jumbo di RPTRA Biru Laut Kelapa Gading.

Share this





Permainan ular tangga jumbo sengaja dihadirkan oleh RPTRA Biru Laut Kelapa Gading. Warga sambut dnegan hangat.

KELAPA GADING - Permainan ular tangga sudah lazim menjadi permainan anak-anak. Permainan ini sangat populer di tahun 70 hingga 80-an. Hal lain yang unik dari permainan ini adalah adanya ganjaran hukuman dan reward bagi pemainnya. Permaianan ini dimainakan oleh beberapa orang dengan modal dadu dan tidak bisa dilakukan seorang diri. 

Namun, dalam perkembangannya permainan ular tangga ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Peraturan permaianan tetap sama, namun dalam permainan tersebut terkadang dimasukkan pesan-pesan moral khusus. Seperti pesan mengajarkan anak tentang disiplin, lagu daerah, serta kata-kata motivasi lainnya. Bentuk dadunya pun besar serta bentuk papan ular tangganya besar berukuran 3 x 3 meter.

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Biru Laut RW 10 Kelapa Gading Timur menyediakan permainan ular tangga Jumbo. Tiap sore banyak anak-anak bermain di sana. Canda tawa anak-anak saat bermain pun pecah.

Menurut Fahmi pengelola RPTRA Biru Laut, tujuan dari permainan ular tangga ini adalah memberikan hiburan yang mengedukasi anak-anak dalam bermain.

Ular Tangga Jumbo di RPTRA Biru Laut Kelapa Gading.

"Jadi ada pesan -pesan tiap anak tangganya yang harus di baca dan dijawab setiap anak. Seperti menyanyikan lagu anak, lagu Indonesia Raya, dan kata-kata motivasi untuk semangat dalam menuntut ilmu,"paparnya kepada infonitas.com  di RPTRA Biru Laut, RW 01 Kelapa Gading , Jakarta Utara, Senin (19/12/16).

"Ada pesan-pesan dalam setiap gambar yang ada tangga  dan ularnya," katanya. 

Permaian ular tangga raksasa ini rupa-rupanya disambut meriah anak anak yang bermain di RPTRA Laut Biru RW 10 Kelapa Gading Timur. Mereka yang bermain tak hanya anak-anak. Tetapi, ada juga remaja. ibu-ibu dan bapak-bapak pun terkadang turut serta menjajal permainan ini.

Para orang tua dan mereka yang sudah dewasa ingin bernostalgia dengan permainan ular tangga yang sempat populer dalam zaman kanak-kanak mereka dulu. Karena permainan ini memang mengasyikan dan bisa jadi hiburan tersendiri disaat hari libur Sabtu dan Minggu.

Aturan main Ular Tangga Jumbo:

1.Sebagai bidak adalah orang/manusia
2.Setiap kali main adalah 4 orang
3.Siapa yang paling duluan mencapai angka tepat 64 sebagai pemenang.
4.Pemain melemparkan dadu Jumbo dan jalan sesuai hasil lemparan