Features

Ada Kampung Inggris di Sawangan Depok

Jumat, 13 Januari 2017 15:00:00
Editor : Dany Putra | Reporter : M Nashrudin Albaany

Kampung Inggris Sawangan
Kampung Inggris Sawangan

Share this





Kampung Inggris Sawangan (KIS) memberikan metode pembelajaran Bahasa Inggris bagis siapa saja warga yang berkunjung.

SAWANGAN – Selama ini, Kecamatan Pare yang ada di Kota Kediri, Jawa Timur selalu dianggap sebagai Kampung Inggris yang terkenal se-Indonesia. Maka itu, tak heran jika banyak orang yang sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa datang kesana untuk menimba ilmu bahasa Inggris.

Namun, perlu anda ketahui bahwa Pare bukanlah satu-satunya daerah yang memiliki Kampung Inggris. Di Depok, Jawa Barat, atau tepatnya di Kecamatan Sawangan juga ada kampung Inggris. 

Kini, bagi anda warga Kota Depok tak perlu lagi jauh-jauh ke Kampung Inggris, di Kediri, Jawa Timur, jika hanya ingin belajar bahasa Inggris. Warga cukup mengunjungi Kampung Inggris Sawangan (KIS), yang memiliki model pembelajarannya tidak kalah hebat dari Kampung Inggris Pare.

Ketua KIS Yadhien mengatakan, awal mulanya KIS berdiri pada tahun 2013. Dengan kehadiran tempat ini, Yadhien menginginkan agar warga di Kota Depok bisa belajar bahasa Inggris tidak jauh-jauh hingga ke Pare.

"Sekarang ini kan sudah era globalisasi, di mana bahasa Inggris merupakan sebuah kebutuhan. Sudah waktunya sekarang belajarnya langsung berbicara bahasa Inggris, tidak teori semata," ujar Yadhien kepada infonitas.com, Jumat (13/1/2016).

Awal Mula KIS

Pria yang memiliki latar belakang pendidikan S1 dan S2 Sastra Inggris ini menambahkan, awal berdiri KIS dimulai dari rumahnya saja. Namun lambat laun, lembaga yang dipimpinnya ini semakin besar. Bahkan, kini sudah menempati lahan seluas 8.000 meter persegi di Jalan Raya Muchtar, Gang Poncol, RT 01/03, Sawangan, Depok.

Yadhien mengakui, kegiatan yang diinisiasinya pun sudah mendapat restu dan dukungan dari pengurus lingkungan maupun pihak Kelurahan dan Kecamatan Sawangan.

"Alhamdulillah pihak RT, RW, bahkan kelurahan sangat mendukung dengan apa yang kami kerjakan. Mudah-mudahan langkah kami bisa bermanfaat bagi kemajuan masyarakat Depok," katanya.

Dirinya pun menerangkan, di KIS ini setidaknya ada dua program pembelajaran yang ditawarkan, yaitu program reguler dan program super camp. Program reguler dilaksanakan seminggu dua kali khusus untuk siswa SD, SMP dan SMA. Sedangkan program super camp ialah sebuah program boarding atau mondok di kawasan KIS selama satu atau dua minggu.

"Biasanya kami juga menerima pesanan untuk program super camp ini. Ada yang minta sampai sebulan atau dua bulan juga. Insya Allah akan kami terima," tuturnya.

Sementara itu, Lurah Sawangan Ahmad Rifai mengaku mendukung sepenuhnya program KIS yang digagas oleh Yadhien tersebut. Karena menurutnya, dengan adanya KIS ini bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah sekitar lokasi dan Kota Depok pada umumnya.

"Tentu saja kami sangat mendukung penuh KIS yang diusung Pak Yadhien. Karena kan warga jadi bisa lebih cerdas dan akan lebih piawai dalam mengaplikasikan bahasa internasional dunia, yakni bahasa Inggris," pungkasnya.