Depok > Profil

Rahasia Kesuksesan Komikus Seto Buje

Selasa, 13 Juni 2017 16:30 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Wildan Kusuma

Seto Buje.
Seto Buje Komikus Si Bedil.
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Seto Buje mengawali karir sebagai WPAPer pada tahun 2007, kini dia berprofesi sebagai illustrator, graphic designer dan telah melahirkan komik si bedil.

DEPOK - Seto Buje mengawali karir sebagai salah satu WPAPer (sebutan bagi seniman WPAP) sejak tahun 2007 (dulu namanya masih Foto Marak Berkotak-FMB). Karya WPAP-nya telah digunakan sebagai souvenir beberapa event untuk pembicara dan pengisi acara. Seperti Maher Zain (penyanyi), Fadly PADI (musisi), Sakti Wibowo (penulis), Elang Gumilang (pengusaha muda, juara 1 Wirausaha Mandiri), Muhaimin Iqbal (pemilik Gerai Dinar), dan (Alm) Ustadz Jefry Al Bukhori.

Menurutnya rahasia kesuksesan seorang seniman adalah kreativitas dan orisinalitas. Selain itu seorang seniman juga harus memanfaatkan media sosial sebagai ajang promosi atas karya yang telah dibuat. Dengan kreativitas dan kemampuannya yang mumpuni, Seto Buje telah melahirkan komik Si Bedil.

“Komiknya laku, setelah di upload ke media sosial, jadi buat konten konten grafis seminggu sekali atau seminggu dua kali, kalau sudah cukup banyak tawarkan ke penerbit, alhamdulillah saat ini laku dan sudah berjalan selama dua tahun,” ujar Seto Buje kepada infonitas.com di Depok, Selasa (13/6/2017).

Dia menceritakan, ditengah persaingan kondisi penerbit ataupun perusahaan yang akan bekerja sama dengan dirinya memiliki pertimbangan pasar yang cukup kuat.

“Orang sekarang pengen beli komik atau buku, bukan kaya beli kucing dalam karung, pengen lihat kontennya seperti apa, penerbit juga melihat ada nggak nih yang baca yang beli ada nggak, ketika semua nyambung Insya Allah laku,” kata Seto.

Seto Buje juga pernah mengikuti pameran WPAP di Grand Indonesia 2010, Pasar Seni ITB 2010, dan acara Pekan Budaya di FIB UI. Serta pernah berpameran tunggal di acara Ishlahvaganza 2009 di kampus UPI YAI, yang saat itu WPAP masih bernama FMB. Saat ini tengah menjalani profesi sebagai freelancer illustrator dan graphic designer.

Komik Si Bedil Karya Seto Buje.

 

Komik Si Bedil Karya Seto Buje.