Depok > Profil

Nanang Yusuf, Tanam Tumbuhan Produktif

Selasa, 21 April 2015 16:21 WIB
Editor : Admin | Reporter : Admin


Foto : Admin

Share this








Info Tokoh - Berbekal ilmu secara otodidak dan mengikuti pelatihan hingga tingkat internasional, pria kelahiran 7 Febuari 1971 ini beraksi mewujudkan keinginannya. Dengan kerja keras dan keuletannya, akhirnya dia berhasil mewujudkan keinginan tersebut. Hingga akhirnya sejak 2005 dia dipercaya sebagai Ketua APEBEDE oleh para petani belimbing Kota Depok.

Nanang Yusuf selaku Ketua Asosiasi Petani Belimbing Depok (APEBEDE) menginformasikan, penghijauan merupakan sebuah upaya untuk memulihkan, memelihara, serta meningkatkan kondisi alam agar dapat terus berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan. Hal tersebut menjadi landasan bagi seorang guna melakukan penghijauan dengan cara menanam tumbuhan produktif.

Menurut bapak dari dua anak ini, tanaman belimbing memiliki  ¬†banyak manfaat, mulai dari daun hingga buahnya. “Daun belimbing mampu menghasilkan oksigen secara maksimal, serta memiliki buah dengan kandungan gizi yang tinggi sehingga memiliki potensi ekonomis yang cukup baik, “ jelasnya.

Pria yang sudah menjadi petani sejak tahun 1997 tersebut menambahkan, dari segi ekonomi, nilai buah belimbing juga sangat tinggi. Untuk 1 pohon belimbing saja dapat menghasilkan buah mencapai 1.000 buah per musim. Harga buahnya juga cukup tinggi, mencapai sekitar Rp 10 ribu hingga 20 ribu per kilo. Lebih lanjut dijelaskan, dengan menanam tanaman produktif, maka akan dapat membantu program pemerintah di bidang pelestarian alam.

Narasumber : Nanang Yusuf/Ketua Asosiasi Petani Belimbing Depok