Depok > Profil

HUT Ke-72 RI

Hesti Menton, Keponakan Pahlawan Depok yang Ikut Drama Kemerdekaan

Kamis, 17 Agustus 2017 15:03 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Wildan Kusuma

 Hesti Menton dengan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna
Hesti Menton dengan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Ada pementasan drama dalam upacara HUT RI di Depok. Salah satu pemeran drama itu adalah keponakan Tole Iskandar yang merupakan pahlawan asal Kota Depok.

DEPOK – Ada yang tak biasa dalam peringatan HUT RI tahun 2017 tingkat Kota Depok. Sebab selain upacara, digelar pula drama tentang perjuangan rakyat Depok melawan penjajahan Belanda. Drama tersebut diangkat dari perjuangan pahlawan asli Depok, Tole Iskandar. Istimewanya lagi, Hesti Menton yang merupakan keponakan langsung dari Tole Iskandar turut tampil dalam drama yang berlangsung Kamis (17/8/2017) pagi tersebut.

Hesti bukan memerankan sosok pamannya, melainkan ibu dari Tole Iskandar. Dirinya mengaku, sebelum memerankan sosok tersebut,  ia melakukan sejumlah ritual terlebih dahulu.

"Saya tirakat dulu, tidak sembarangan, saya puasa mutih, karena itu kan orang yang sudah meninggal, sudah ratusan tahun, jadi saya harus ke makamnya, saya ke Eang saya, ada prosesnya," ujar Hesti kepada Infonitas.com, usai upacara peringatan HUT ke-72 RI di Kantor Balai Kota Depok.

Selain itu, ia mengatakan sosok Tole merupakan panutan dalam keluarganya. Hal tersebut yang memotivasi dirinya untuk terus berjuang.

"Kalau sosoknya aku nggak tau, soalnya aku belum hadir. Tapi beliau orangnya berwibawa, santun, dan bertalenta. Ia membasmi Belanda, pejuang Depok yang pertama. Orangnya legowo, jadi harus berjuang terus, sebagai wanita juga harus berjuang. Ayah saya adik kandung Tole Iskandar," katanya.