Depok > Profil

Adriadi, Mencuri Peluang dari Booming Action Cam

Minggu, 12 Maret 2017 11:18 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Chandra Purnama

Adriadi
Adriadi
Foto : Chandra Purnama

Share this








Action cam tengah diminati banyak kalangan. Namun sayang, harganya relatif mahal. Adriadi ini pun mengambil peluang dari hal terserbut.

DEPOK - Kehadiran action camera atau yang akrab disebut action cam memberi kesan berbeda pada pencinta dunia fotografi. Bahkan, mereka yang awalnya tidak suka dengan fotografi juga bisa jatuh cinta dengan kegiatan dokumentasi tersebut. Soalnya, action cam menawarkan pengalaman berbeda pada dunia fotografi. Foto yang dihasilkan juga terbilang unik dibandingkan foto dari kamera digital pada umumnya.

Sayangnya, harga action cam yang kualitasnya bagus cukup mahal. Jadi, tidak semua orang bisa membelinya. Menyadari kondisi tersebut, Adriadi (21) pun menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis. Mahasiswa jurusan Sistem Informasi pada salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Depok ini membuka  jasa penyewaan action cam dengan brand Pinjamyicam.

"Ide ini usaha ini muncul waktu lagi liburan di Jogja. Saya lihat antusiasme anak muda yang hobi selfie menggunakan kamera aksi. Lalu kepikiran, kenapa enggak kami buka saja jasa penyewaan kamera itu," ceritanya kepada Infonitas.com, Sabtu (11/3/2017).

Berangkat dari ide tersebut, pria asal Jambi ini kemudian memberanikan diri untuk terjun ke dunia usaha. Dengan modal uang tabungannya, ia membeli satu unit action cam seharga Rp 2 juta, berikut sejumlah aksesoris pendukungnya.

"Lalu saya mulai memasarkan jasa penyewaan (action cam) melalui media sosial Instagram dan Line @pinjamyicam," terangnya.

Baca Juga : Jalan Margonda Tak Ramah bagi Pejalan Kaki

Berjalan lima bulan, usaha yang dirintis Adriadi membuahkan hasil, bahkan balik modal sehingga ia bisa menambah koleksi action cam untuk disewakan. Seiring berjalannya waktu, Pinjamyicam juga sukses membuat bisnis penyewaan action cam booming di Kota Depok dan sekitarnya.

"Sekarang, setiap hari ada saja yang menyewa kamera. Apalagi kalau musim liburan. Anak sekolah pasti banyak yang nyewa. Hal ini secara tidak langsung memaksa saya untuk terus menambah stok kamera. Hingga kini, sudah ada lima kamera yang tersedia untuk disewa," bebernya.

Adriadi menambahkan, action cam bukan hanya bisa digunakan untuk selfie di tempat terbuka. Jika ditambah dengan berbagai perlengkapan khusus, kamera tersebut bisa digunakan di dalam air. Hal ini tentu menambah kepuasan pengguna kamera, sehingga mereka tertarik untuk terus menggunakan alat perekam gambar tersebut.

"Di sini, kami menyewakan action cam berikut perlengkapan atau aksesorisnya," lanjut Adriadi.

Bagi yang berminat menyewa kamera di tempat Adriadi, penyewaharus mengikuti peraturan yang ada. Salah satu peraturannya adalah wajib menyerahkan dua bukti identitas diri sebagai jaminan. Hal tersebut untuk meminimalisir adanya kejadian yang tidak diinginkan.

"Kalau mau sewa biasanya saya minta fotocopy KTP dan KK. Kalau yang masih pelajar, biasanya pakai kartu mahasiswa atau kartu pelajar. Itu untuk mengikat dan memberi rasa tanggung jawab kepada si penyewa kamera," urai Adriadi.