Depok > Pendidikan

SMPN 2 Depok Terapkan Absensi Digital

Senin, 09 Januari 2017 15:28 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : M Nashrudin Albaany

SMPN 2 Depok
Petugas memasang absensi digital bagi siswa SMPN 2 Depok
Foto : M Nashrudin Albaany

Share this








Para orangtua murid dapat lebih mudah memantau anak-anaknya. Sebab, mesin absensi terhubung dengan aplikasi Smart School.

DEPOK - Terhitung mulai Senin (9/1/2017), Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Depok mulai mengujicobakan sistem absensi digital bagi seluruh siswa kelas VII dan VIII. 

Kepala Sekolah SMPN 2 Depok Sumarno menyebut, tujuannya mempermudah para orangtua mengetahui data absen siswa secara akurat. Pasalnya, alat absensi terkoneksi dengan aplikasi Smart School yang dapat diunduh melalui smartphone.

"Ini salah satu terobosan kami agar para orangtua bisa mengetahui rekapan absensi anaknya dengan membuka ponselnya. Tentunya mereka harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu," katanya kepada infonitas.com.

Selain absensi, aplikasi juga terhubung dengan rekapan nilai. Serta, bisa menjadi wadah sosialisasi beragam pengumuman dari sekolah. “Sehingga, orangtua tidak perlu lagi datang langsung ke sekolah,” ucap Sumarno.

Dalam penerapannya, setiap siswa mendapat kartu akses untuk melakukan perekaman saat datang dan pulang sekolah. “Namun, saat ini, baru dua alat absensi. Ke depan, bisa saja lebih banyak lagi alatnya sehingga siswa dapat lebih mudah,” tuturnya.