Depok > Pendidikan

Orang Tua Wajib Temani Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah Besok

Minggu, 16 Juli 2017 19:52 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Wildan Kusuma

Ilustrasi orang tua temani hari pertama anak sekolah.
Ilustrasi orang tua temani hari pertama anak sekolah.
Foto : istimewa

Share this








Menemani anak di hari pertama sekolah akan menumbuhkan kesan positif demi kelangsungan pendidikan anak.

DEPOK - Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok, Tinte Rosmiati mengatakan, setiap orang tua wajib mengantar di hari pertama anaknya bersekolah, Senin (17/7/2017) besok. Menurutnya, mengantar anak ke sekolah sesuai dengan program Ramah Keluarga di Kota Depok.

Selain itu, hal ini sesuai dengan program pendidikan Kota Depok yang memiliki Peraturan Daerah (Perda) Ketahanan Keluarga yang substansinya adalah interaksi antara orang tua dan anak.

"Siswa butuh penyesuaian terhadap lingkungan baru, orang tua diminta ikut menanamkan rasa percaya diri pada anak dengan mengantarkannya ke sekolah di hari pertama masuk sekolah besok," ujar Tinte, Minggu (16/7/2017).

Selain itu, dia menjelaskan, dengan mengantar anak ke sekolah di hari pertama akan menumbuhkan kesan positif demi kelangsungan pendidikan anak.

“Akan sangat berkesan bagi anak bila orang tua bisa mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah. Selain itu, dengan mengantar anak ke sekolah, orang tua juga bisa menjalin interaksi dan kenal dengan guru di sekolah anaknya,” tutur Tinte.

Dirinya menambahkan, Pemkot Depok juga memberi dispensasi orang tua yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengantar anaknya kesekolah.

Ini sesuai dengan Surat Edaran No. 800/3130 Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok tentang Izin Mengantar Sekolah bagi ASN yang memiliki anak di sekolah PAUD/TK, kelas 1, dan kelas 7 sampai pukul 11.00 WIB siang. “Setelah mengantarkan anak ke sekolah, ASN tetap kembali ke kantor dan bekerja seperti biasa,” pungkasnya.