Depok > Laporan Utama

Warga Negara Afghanistan dan Irak Dominasi Pencari Suaka di Depok

Senin, 17 Juli 2017 17:26 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter :

Ilustrasi warga negara Afghanistan.
Ilustrasi warga negara Afghanistan.
Foto : istimewa

Share this








Dari data yang dirilis Kantor Imigrasi Kelas II Depok per Juni 2017, sebagian besar pencari suaka berasal dari Afghanistan dan Irak.

DEPOK - Pencari suaka di Kota Depok yang sebagian besar di dominasi Afghanistan dan Irak capai 113 orang. Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Depok, Dadan Gunawan data tersebut per Juni 2017, dan mereka telah memiliki kartu dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) serta wajib secara rutin melapor ke Kantor Imigrasi Kelas II Depok.

“Untuk jumlah pencari suaka yaitu 113 orang dan semuanya patuh dan tidak ada yang bermasalah. Pihak kami pun secara rutin melakukan pendataan terhadap WNA yang ada di Kota Depok,” tutur Dadan Gunawan, Senin (17/7/2017).

Dia menambahkan, pihaknya ingin semua pihak membantu dalam pengawasan WNA di Depok, termasuk masyarakat. Jika menemukan atau memberi tempat tinggal untuk WNA, masyarakat diimbau untuk segera melapor dan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi.

“Kami juga sudah menyediakan aplikasi untuk pelaporan orang asing (APOA) agar memudahkan masyarakat untuk melapor dan berkomunikasi dengan kami,” tutupnya.

Baca juga : 906 WNA Tinggal di Depok, Terbanyak di Kecamatan Tapos