Depok > Laporan Utama

Warga Miskin di Depok Masih Sulit Dapatkan Akses Kesehatan yang Layak

Jumat, 15 September 2017 17:15 WIB
Editor : Melati Amaya DS | Reporter : Wildan Kusuma

dewan kesehatan rakyat datangi balaikota depok
Aksi Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) di Balai Kota Depok.
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Roy Pangharapan menjelaskan di Depok, masih banyak warga miskin yang sulit mendapatkan layanan kesehatan.

DEPOK-Hal itu diutarakan Roy saat membawa massa aksi untuk mendatangi Kantor Balai Kota Depok, Jumat (15/9/2017) siang.

"Itu udh kenyataan, apalagi kalau pasien jaminan, pasien BPJS, pasien gak mampu, otomatis banyak kendala. Semua jawabannya sama, alasannya ruangan penuh, gak ada obat, gak ada alat, itu alasan klasik, semua rumah sakit pasti seperti itu," ujar Roy kepada infonitas.com.

Mesmi demikian, ia meminta kepada Pemkot Depok untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama bagi rakyat miskin. DKR berharap harus ada langkah kongkret dan sesegera mungkin.

“Misalnya rumah sakit pasang spanduk panggil rakyat miskin, untuk pasien miskin BPJS, KIS (kartu Indonesia Sehat), gak punya duit. Pemerintah harus memaksimalkan dan bebaskan biaya di IGD," katanya.

Seperti diketahui, ratusan warga miskin di Depok, mendatangi Kantor Balai Kota Depok. Aksi tersebut juga merupakan aksi solidaritas terhadap tragedi meninggalnya bayi Deborah karena ditolak salah satu rumah sakit di Jakarta Barat.