Depok > Laporan Utama

Puskesmas Bojongsari Sediakan PONED untuk Persalinan Warga

Senin, 17 Juli 2017 15:05 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Sumber : dbs

Ilustrasi persalinan warga di Puskesmas.
Ilustrasi persalinan warga di Puskesmas.
Foto : istimewa

Share this








Dengan Puskesmas Bojongsari menyediakan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) warga Bojongsari tidak usah jauh-jauh melahirkan di luar kecamatan.

BOJONGSARI - Kepala UPT Puskesmas Bojongsari, Muhammad Salman mengatakan, melakukan persalinan di Puskesmas Bojongsari jauh lebih murah, mudah, dan tidak ribet karena sudah tersedia Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED).

Saat ini Puskesmas Bojongsari juga sudah menyediakan 4 bed tempat perawatan, dengan petugas yang siaga 24 jam. Selain itu, juga didukung fasilitas keamanan, bidan, dan sopir ambulans.

“Warga sekitar sini tidak usah jauh-jauh melahirkan di luar. Di Puskesmas Bojongsari lebih dekat,” katanya, Minggu (16/07/2017) kemarin.

Menurutnya, untuk melahirkan di Puskesmas Bojongsari tidak memerlukan prosedur yang sulit. Bahkan, pemilik kartu BPJS Kesehatan bisa melahirkan di tempat tersebut.

“Dalam sebulan ada sekitar 15-20 pasien yang melahirkan di sini. Kalau ada komplikasi langsung kami tangani. Namun, kalau ada kesulitan biasanya kami merujuk ke rumah sakit terdekat seperti RS Permata Depok, RSUD Depok, RS Buah Hati, RS Permata Pamulang, maupun RS Bhineka Bakti Husada,” tambahnya.