Depok > Laporan Utama

Penerapan SSA Kota Depok Terus Dievaluasi

Jumat, 11 Agustus 2017 14:03 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Sumber : dbs

Ilustrasi sosialisasi SSA Kota Depok.
Ilustrasi sosialisasi SSA Kota Depok.
Foto : istimewa

Share this








Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara yang telah dilakukan sejak 29 Juli 2017 masih dievaluasi Dinas Perhubungan Kota Depok.

DEPOK - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok terus menganalisa dan mencari jalan terbaik untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Kota Depok. Kepala Dishub Kota Depok, Gandara Budiana, mengatakan setelah pelaksanaan pergerakan kendaraan di pagi hari sudah lebih lancar.

Dia menjelaskan, pergerakan di sore hari masih belum lebih cepat dibandingkan penerapan sistem satu arah (SSA) di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara yang telah dilakukan sejak 29 Juli 2017.

“Waktu tempuh masyarakat ke arah Jakarta di pagi hari sudah lebih lancar dibandingkan sebelum pelaksanaan SSA,” ujar Gandara Budiana, Jumat (11/08/2017).

Dirinya menjelaskan, pihaknya telah melakukan beberapa upaya untuk memperlancar pergerakan kendaraan di sore hari. Diantaranya mengatur ulang durasi traffic light, serta menurunkan petugas di titik-titik yang membutuhkan percepatan.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan Polresta Depok, serta menyiapkan rencana-rencana rekayasa lalu lintas untuk membuat pergerakan kendaraan lebih cepat di sore hari,” katanya.

Menurut dia lambatnya pergerakan kendaraan di sore hari dikarenakan semua kendaraan yang mengarah ke Jalan Raya Sawangan atau Pitara hanya bisa melewati satu jalan. Yaitu melalui Jalan Arief Rahman Hakim karena Jalan Dewi Sartika sudah tidak bisa dilewati lagi.

“Karena itu, kendaraan menjadi padat dari jalan Margonda perempatan Jalan Juanda sampai lampu merah Ramanda. Walaupun sebenarnya waktu tempuhnya sama dengan saat sebelum SSA. Jadi, setelah SSA ini tidak menjadi lebih lambat tetapi juga belum ada perubahan waktu tempuh,” pungkasnya.