Depok > Laporan Utama

Miliki Surat Keterangan Demi Mendapatkan e-KTP

Senin, 20 Maret 2017 13:35 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Chandra Purnama

Contoh Surat Keterangan pembuatan e-KTP di Kelurahan Abadijaya, Depok. (Chandra)
Contoh Surat Keterangan pembuatan e-KTP di Kelurahan Abadijaya, Depok. (Chandra)
Foto : Chandra Purnama

Share this








Sebab, saat ini masih banyak warga yang hanya diberikan kwitansi pembuatan e-KTP.

DEPOK - Selain mengoptimalkan kembali bank sampah, dalam program kerja Kelurahan Abadijaya, Depok pada tahun 2017 juga menyertakan pemerataan surat keterangan pembuatan e-KTP. Sebab, saat ini masih banyak warga yang hanya diberikan kwitansi pembuatan e-KTP. 

Lurah Abadijaya Pairin menerangkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok bertugas mendistribusikan blanko e-KTP ke tiap kelurahan. Tetapi, hingga kini belum mendapatkan kiriman baru dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Disdukcapil juga belum menerima dari pusat, saat ini kami hanya menunggu blangko untuk pencetakan e-KTP," jelas Pairin saat dijumpai di Kantor Kelurahan Abadijaya, Senin (20/3/2017).

Agar mengantisipasi hal tersebut, kata dia, saat ini petugas kelurahan akan mengganti kwitansi pembuatan e-KTP dengan surat keterangan pembuatan e-KTP. Nantinya, surat keterangan tersebut dapat menggantikan identitas kependudukan untuk mengurus hal-hal tertentu. 

"Jadi surat keterangan ini berguna untuk mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM) dan hal-hal yang memerlukan KTP sebagai tanda kependudukan yang sah," ungkap Pairin. 

Nantinya, sambung Pairin, surat keterangan tersebut tidak memiliki masa kadaluarsa. Artinya, selama yang bersangkutan belum memiliki e-KTP, surat tersebut sebagai pengganti identitas kependudukan.