Depok > Laporan Utama

Mengurus Akta Kelahiran di Depok Kini Makin Mudah

Senin, 17 Juli 2017 13:24 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Sumber : dbs

Ilustrasi Akta Kelahiran.
Ilustrasi Akta Kelahiran.
Foto : istimewa

Share this








Saat ini, pembuatan Akta Kelahiran di Depok sangat mudah, untuk anak di atas umur satu tahun tidak harus melewati pengadilan.

MEKARJAYA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok, Dapil Mekarjaya, Rahmin Siahaan mengungkapkan jika membuat akta kelahiran di Kota Depok semakin mudah. Dia mengimbau masyarakat mengurus Akta Kelahiran anaknya yang baru lahir sesegera mungkin, karena saat ini membuat akta kelahiran di atas umur satu tahun tidak harus melewati pengadilan.

“Sekarang mengurus Akta Kelahiran tidak sulit seperti dulu. Saat masih mengacu pada UU 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, pembuatan Akta Kelahiran di atas umur satu tahun harus melewati pengadilan,” kata Rahmin dalam Forum Silaturahmi RW se-Kelurahan Mekarjaya, Minggu (16/07/2017) kemarin.

Menurut Rahmin, dengan terbitnya Undang-undang Perubahan No 24 Tahun 2013, jelas Rahmin, pembuatan Akta Kelahiran gratis, berdasarkan domisili dan tidak harus melewati pengadilan.

Selain itu, pembuatan Kartu Keluarga (KK) juga sudah gratis. Termasuk pengurusan prosedur surat-surat persyaratan nikah juga gratis.

Selain membahas pengurusan Akta Kelahiran, pertemuan itu juga membahas keamanan, pengurusan e-KTP, infrastruktur jalan, dan persiapan menggelar isbat nikah pada Agustus 2017 mendatang.