Depok > Laporan Utama

Mengaku Sebagai Dukun, Wanita Cantik Diringkus Polsek Beji

Senin, 11 September 2017 19:09 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Wildan Kusuma

Ilustrasi penipuan
Ilustrasi penipuan
Foto : istimewa

Share this








Polsek Beji meringkus seorang wanita cantik, RY (54) lantaran mengaku sebagai dukun dan melakukan aksi penipuan kepada para pasiennya.

DEPOK – Seorang wanita cantik paruh baya berinisial RY (54) diringkus Polsek Beji. Lantaran, ia melakukan aksi penipuan hingga ratusan juta rupiah. RY mengaku sebagai dukun yang bisa mengobati berbagai penyakit asalkan para korban membayar dengan jumlah tertentu.

“Modus pelaku pura-pura menjadi dukun atau paranormal yang bisa mengobati segala penyakit. Lalu setelah itu pelaku meminta uang kepada korban,” ujar Kapolsek Beji Kompol Bambang Handoko, Senin (11/9/2017) pagi.

Saat ditangkap, tersangka yang merupakan warga Kebun Pedes, Kabupaten Bogor, ini tidak melakukan perlawanan. Bambang mengatakan, pelaku telah berhasil memperdayai para korbannya dengan memintai uang sebesar Rp. 177.000.000.

“Merasa tidak ada hasilnya para korban langsung melapor ke Polsek dan anggota langsung menangkap di kediamannya di kawasan Bogor,” terang Bambang.

Dari hasil kejahatan pelaku, petugas menyita barang bukti berupa Al Quran, dan gelas. “Dari kasus ini kita telah meminta keterangan dua orang saksi Siti Nur Laela dan Mulyati Musa yang merupakan teman korban,” tutur Bambang.

Pelaku mengaku, uang hasil kejahatannya digunakan untuk biaya kebutuhan hidup sehari-hari. “Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 378 KUHP penipuan dengan ancaman lima tahun penjara,” tegas Bambang.