Depok > Laporan Utama

Layanan e-KTP Untuk WNA Sudah Ada Sejak Akhir Tahun

Senin, 09 Januari 2017 15:01 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : M Nashrudin Albaany

WNA asal Korea membuat e-KTP di Kantor Disdukcapil Kota Depok
WNA asal Korea membuat e-KTP di Kantor Disdukcapil Kota Depok
Foto : M Nashrudin Albaany

Share this





Di Kota Depok sejak akhir tahun lalu tercatat sudah 735 orang WNA yang mengurus e-KTP.

DEPOK – Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok Diarmansyah mengatakan, pelayanan untuk Warga Negara Asing (WNA) yang hendak mnegurus e-KTP sudah dilakukan sejak akhir tahun 2016.

Menurut dia, para WNA yang mengurus e-KTP di Kota Depok berasal dari berbagai negara. Namun, sebagian besar WNA tersebut berasal dari Korea Selatan. Sedangkan tujuan para WNA tinggal di Depok di antaranya untuk berkeluarga, bekerja, maupun untuk belajar.

"Sejak akhir tahun 2016 lalu, sudah ada 735 orang WNA yang mengurus ke kami, karena mereka sebagian besar tinggal di Depok. Tujuannya untuk sekolah, oleh karena itu kecamatan yang banyak dijadikan sasaran itu Kecamatan Beji," katanya, Senin (9/1/2017).

Dirinya mengungkapkan para WNA yang mengurus pembuatan e-KTP di Disdukcapil ada yang melakukan sendiri secara pribadi. Dan ada yang diurus oleh agen tempat WNA itu bekerja. "Sebagian besar yang mengurus sendiri seluruh persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat e-KTP ini adalah mahasiswa," terangnya.

Diarmansyah mengingatkan, para WNA yang tinggal di Depok untuk tertib dan tepat waktu dalam mengurus administrasi kependudukan. Sebab, jika ketentuan itu dilanggar, maka WNA tersebut akan dikenakan sanksi denda.

"Kalau mengurus sesuai dengan waktu yang ditetapkan semuanya gratis, tidak dipungut biaya sama sekali. Tapi kalau telat, berdasarkan Perda Nomor 5 tahun 2007 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan memang ada ketentuan denda yang diatur," tandasnya.