Depok > Laporan Utama

Komentar JJ Rizal Soal Penggantian Ikon Kota Depok

Senin, 20 Maret 2017 15:59 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Chandra Purnama

JJ Rizal. (IST)
JJ Rizal. (IST)
Foto : istimewa

Share this








Sejarahwan Kota Depok, JJ Rizal mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok harus memikirkan masak-masak.

DEPOK - Wacana pergantian ikon Kota Depok, terus menjadi bahan pembicaraan warga. Sejarahwan Kota Depok, JJ Rizal mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok harus memikirkan masak-masak apabila ikon yang sudah ada dari puluhan tahun itu diganti.

Rizal yang juga warga Depok menilai pemilihan ikon harus dibarengi dengan keadaan sekarang. Jika dirunut ke belakang, belimbing yang menjadi ikon Kota Depok kehadirannya juga semakin tergerus dengan perkembangan zaman. 

"Seperti belimbing yang selain kebunnya sudah habis dirangsek properti, juga tumbuhan yang rentan sakit," kata Rizalsaat dihubungi Infonitas.com di Depok, Senin (20/3/2017).

Pemilihan ikon baru, kata dia, jangan serta merta karena emosi sesaat. Sebab, ikon adalah penanda sebuah kota sekaligus sumber inspirasi dan keteladanan bagi warganya. 

"Sebab itu ada baik dipikirkan masak-masak agar jangan malah dapet efek kurang bagus. Pilihan ikon malah memperlihatkan gambaran buruk atau negatif," ujar dia.

Baca juga ini : Latar Belakang Pondok Pesantren Al-Hikam di Depok

Ia juga menanggapi adanya wacana pergantian ikon belimbing dengan ikan hias. Menurut dia, untuk ikan hias harus dijelaskan jenis ikannya dan filosofi mengapa Depok identik dengan ikan hias. 

"Kalau ikan hias maka jenis ikan hias yang mana? Ikan cupang, arwana, lemon, atau neon? Semua harus mampu dijelaskan selain dari urusan ekonomi, tetapi juga filosofinya," kata dia.