Depok > Laporan Utama

Kelurahan Cinangka Kembangkan Komoditas Pertanian di Setiap RW

Senin, 17 Juli 2017 13:02 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Sumber : dbs

Ilustrasi budidaya pisang.
Ilustrasi budidaya pisang.
Foto : istimewa

Share this








Pengembangan komoditas pertanian di setiap RW di Cinangka, diharapkan dapat memajukan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.

SAWANGAN – Kelurahan Cinangka, Sawangan, Kota Depok akan mengembangkan berbagai komoditas pertanian seperti tomat dan cabai di masing-masing RW. Menurut Lurah Cinangka Anis Fathoni, ini sebagai langkah lanjutan pasca sukses mengembangkan pisang kualitas unggul Cavendish di RW 03, Kelurahan Cinangka.

“Nantinya setiap RW akan mengembangkan berbagai komoditas pertanian. Sebelumnya kami sudah menanam pisang Cavendish di lahan seluas 1,8 hektar di RW 03, Cinangka. Dan sejak dulu Kota Depok sudah menjadi daerah sentra pertanian,” jelas Anis beberapa hari yang lalu.

Dia menjelaskan jika nantinya warga bisa menggunakan pekarangan di setiap rumah untuk bercocok tanam. Sebab, untuk menanam buah dan sayuran dapat dilakukan di lahan tersebut.

“Misalnya dengan menanam cabai di pekarangan rumah. Mereka dapat lebih berhemat saat harganya naik di pasaran. Karena warga mengkonsumsi cabai dari pekarangan rumah mereka,” ujarnya.

Anis menambahkan, berbagai program yang dilaksanakan di kelurahan menjadi turunan program Pemerintah Kota. Salah satunya program Ketahanan Keluarga. Untuk itu, Kelurahan Cinangka terus berupaya untuk membangun perekonomian masyarakat. Terlebih bila warga Cinangka bisa membuat oleh-oleh dari wilayah tersebut.

“Warga bersemangat menjadi petani maka Kelurahan Cinangka akan senantiasa mendukung terwujudnya rencana itu. Ke depan, kami berencana membangun sentra pertanian di Cinangka,” tutupnya.