Depok > Laporan Utama

Jualan di Trotoar, PKL Bayar Rp2 Ribu ke Oknum Dinas Kebersihan Depok

Senin, 10 Juli 2017 17:42 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Wildan Kusuma

Ilustrasi PKL.
Ilustrasi PKL.
Foto : istimewa

Share this








Pedagang Kaki Lima (PKL) aman berjualan di trotoar karena telah membayar Rp2 ribu ke oknum dinas kebersihan dan pertamanan depok.

DEPOK – Pedagang Kali Lima (PKL) menambah semrawut Jalan Margonda yang semakin padat, namun keradaan mereka ditengarai dibekingi oknum Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok.

Dari penyisiran infonitas.com, terlihat di depan Mall ITC sampai pertigaan menuju Jalan Arif Rahman Hakim, banyak PKL yang mangkal. Mereka mengaku, membuka lapak ditrotoar dengan membayar uang sebesar Rp2 ribu ke oknum petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok.

"Kalau saya buka ini cuma izin sama yang punya gedung. Habis itu bayar Rp 2 ribu ke Dinas Kebersihan. Biar bersih aja," ujar salah satu PKL, Y (24) kepada infonitas.com, Senin (10/7/2017).

Selain itu, ia menjelaskan risiko berdagang di sini hanya terbentur dengan operasi Satuan Polisi Pamong Praja Kota Depok. "Ya paling susah kalau ada razia aja. Jadi saya harus minggir dulu kalau ada razia," katanya.

Tidak jauh berbeda H (29), PKL yang berdagang makanan ini mengaku lapak di depan Mall ITC kurang nyaman dan aman lantaran harus kejar-kejaran dengan Satpol PP.

"Ya kalau ada rezeki, lebih baik saya buka lapak yang lebih aman. Capek kalau harus kejar-kejaran dengan Satpol PP," katanya.