Depok > Laporan Utama

Ini Kata Menteri DPDTTI Soal Program Gerakan Nasional Makan Ikan

Sabtu, 21 Oktober 2017 19:07 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Wildan Kusuma

Jurnalis Mancing Indonesia
Jurnalis Mancing Indonesia
Foto : Wildan Kusuma

Share this








Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo mengatakan gerakan nasional makan ikan akan memajukan pariwisata

DEPOK - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo mengatakan, pihaknya mendukung gerakan nasional makan ikan untuk memajukan perekonomian dan meningkatkan pariwisata desa di Indonesia. Hal tersebut diutarakan saat dirinya mendatangi perlombaan mancing yang digelar Jurnalis Mancing Indonesia di Pemancingan Adhiraja Deluna, Kelurahan Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat, Sabtu (20/10/2017).

"Ini salah satu program agar bisa memberikan protein murah ke masyarakat miskin di desa-desa. Mengingat Masih ada 27 persen dari balita yang potensi kekurangan gizi, sehingga bisa menderita stunting. Stunting itu bukan hanya mereka tidak bisa tumbuh besar, tapi juga pertumbuhan otak tidak bisa tumbuh maksimal sehingga tidak bisa sekolah lebih daru kelas 6 SD," ujarnya di lokasi.

Menurutnya, hal tersebut bisa membuat generasi muda Indonesia yang susah bersaing dengan negara lainnya.

"Kalau tidak diatasi, 15 tahun lagi akan memasuki dunia kerja, selama kurun waktu 30 tahun, berarti dalam kurun waktu 30 sampai 45 tahun mendatang, kita masih punya pekerja yang tamatan SD, padahal negara kita sudh maju. Dengan adanya embung (empang/pemancingan) ikan, kita bisa memberikan protein hewan yang sangat murah kepada masyarakat miskin," tambahnya.

Selain itu, menurutnya, Embung dan ikan, bisa dijadikan tempat pemancingan. Setiap desa ada akan jadi tempat pariwisata demi meningkatkan pertunbuhan ekonomi di desa.

"Pemancingan seperti ini, dibikin homestay, nanti kita bentuk area montain bike, cross country, sehingga meningkatkan pariwisata di desa. Untuk itu saya minta bantuan ke kawan media, untuk membantu acara di embung itu, sehingga bisa meningkatkan pariwisata di desa, meningkatkan pendapatan masyarakat desa, dan memberikan semangat di desa lainnya agar cepat membangun embung," pungkasnya.