Depok > Laporan Utama

Ini Buku Favorit Ahok Selama di Penjara

Senin, 07 Agustus 2017 12:12 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Sumber : dbs

Ilustrasi buku Sam Kok.
Ilustrasi buku Sam Kok.
Foto : istimewa

Share this








Terakhir bertemu di penjara, Ahok sedang giat membaca buku tentang Sam Kok.

DEPOK - Basuki Tjahaja Purnama mantan Gubernur DKI Jakarta memunyai banyak waktu selama di penjara untuk membaca buku-buku yang selama ini ingin ia baca. Salah satunya adalah roman “San Guo Yan Yi” atau lebih dikenal dengan judul “Sam Kok”, karya sastrawan dinasti Ming, Luo Guan-zhong.

Hal tersebut diungkapkan pengacara sekaligus Juru Bicara Ahok, I Wayan Sudirta, dia menuturkan jika terakhir bertemu, Ahok sedang giat membaca buku tentang Sam Kok.

"Saya kali terakhir bertemu Pak Ahok di penjara pada Jumat (5/8). Dia lagi giat membaca buku Sam Kok. Dia banyak cerita tentang buku itu,” tutur pengacara sekaligus Juru Bicara Ahok, I Wayan Sudirta, Minggu (6/8/2017) kemarin.

Samkok atau kisah tiga kerajaan adalah sebuah novel sejarah dari China, yang terkenal di seluruh dunia. Novel ini mengisahkan masa keruntuhan Dinasti Han, ketika tiga kerajaan, Wei, Shu, dan Wu saling bersaing berebut kekuasaan.

Dia mengatakan, Ahok giat membaca buku tersebut untuk mengerti teori politik dan kekuasaan. Ahok menceritakan kepada Sudirta, roman tersebut bercerita mengenai sebab musabab satu kekuasaan harus diruntuhkan dan pemerintahan yang seharusnya dipertahankan. Sam Kok juga mengajarkannya bahwa perdana menteri atau sosok bertipikal seperti itu lebih mempunyai kuasa daripada kaisar atau pemimpin utama.

“Selain buku itu, Pak Ahok juga suka membaca buku karya Nurcholis Majid (cendikiawan Islam), dan banyak lainnya. Dia juga menulis pengalaman pribadinya selama di balik jeruji, mau dirampungkan menjadi buku,” tuturnya.