Depok > Laporan Utama

Imunisasi MR di Cimanggis Depok Dibantu Tenaga Kesehatan Swasta

Jumat, 11 Agustus 2017 15:02 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Sumber : dbs

Ilustrasi imunisasi.
Ilustrasi imunisasi.
Foto : istimewa

Share this








Jumlah tenaga kesehatan di puskesmas yang terdapat di Kecamatan Cimanggis sangat terbatas, sehingga dibantu tenaga kesehatan tambahan dari swasta.

DEPOK - Kepala UPT Puskesmas Cimanggis, Lely Nurlaely saat ini sudah terdapat sejumlah pihak yang bergerak sebagai tenaga kesehatan bantuan, ikut bergabung dalam pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) kepada 55.248 anak di Kecamatan Cimanggis. Di antaranya, tenaga kesehatan yang berasal dari rumah sakit swasta, klinik, dan Bidan Praktik Mandiri.

“Jumlah dokter umum yang terdapat di semua puskesmas se-Cimanggis sebanyak 16 orang. Kemudian, untuk tenaga bidan sebanyak 28 orang, serta, perawat sebanyak 24 orang,” ujar Lely, Jumat (11/08/2017).

Dia menjelaskan jika, tegana kesehatan dari luar Puskesmas Cimanggis ikut turun langsung ke sekolah-sekolah, sehingga mampu melayani masyarakat dengan maksimal. Imunisasi ini sudah berjalan lancar sejak dimulai 1 Agustus 2017.

 “Mereka ikut turun langsung bersama dengan kami ke masing-masing sekolah yang menjadi lokasi imunisasi MR. Dengan sinergitas ini tentunya bertujuan untuk memberikan peningkatan jumlah tenaga kesehatan yang ada, sehingga kualitas pelayanannya pun semakin meningkat,” terangnya.

Dirinya menambahkan, jumlah tenaga kesehatan yang dikerahkan pada saat imunisasi ke sekolah-sekolah bersifat relatif. Hal tersebut dapat ditinjau dari jumlah anak di dalam satu sekolah yang akan diberikan imunisasi MR tersebut.

“Kalau untuk jumlah tenaga kesehatannya sendiri pasti berbeda-beda antara satu sekolah dengan lainnya. Namun, secara garis besar, dalam satu hari pelaksanaanya, satu orang tenaga kesehatan diperkirakan dapat melakukan penyuntikan maksimal untuk 100 orang anak,” tandasnya.