Depok > Laporan Utama

Gara-Gara Bunglon, Listrik Ratusan Rumah di Depok Padam

Senin, 09 Januari 2017 17:41 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : M Nashrudin Albaany

Petugas PLN menunjukkan bunglon yang mengakibatkan padamnya listrik di Depok
Petugas PLN menunjukkan bunglon yang mengakibatkan padamnya listrik di Depok
Foto : M Nashrudin Albaany

Share this








angguan teknis yang disebabkan oleh hewan seperti ini, termasuk peristiwa langka yang jarang terjadi.

SAWANGAN – Warga Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Depok, dikagetkan dengan padamnya listrik selama hampir satu jam, Senin (9/1/2017) pagi. Sebab biasanya, pemadam listrik dilakukan dengan pemberitahuan sebelumnya oleh Perusahaan Listrik Negera (PLN).

Hal inipun membuat warga mengadukannya ke Kantor PLN Area Depok. Ternyata setelah dicek oleh petugas, padamnya listrik ke ratusan rumah warga tersebut diakibatkan gangguan dari bunglon yang menempel di kabel jaringan PLN di gardu saluran distribusi wilayah Sawangan, Depok.

"Setelah menerima laporan warga, petugas kami langsung melakukan pemeriksaan. Dan setelah mengetahui penyebab padamnya listrik, petugas langsung menyingkirkan bunglon tersebut agar listrik kembali menyala," ujar Humas PLN Area Depok Setyo Budiono saat dihubungi infonitas.com.

Menurut dia, gangguan teknis yang disebabkan oleh hewan seperti ini, termasuk peristiwa langka yang jarang terjadi. Namun, keberadaan beberapa hewan yang lalu lalang melewati kabel jaringan listrik memang bisa mengakibatkan gangguan aliran listrik. 

"Biasanya itu bunglon dan tupai. Tapi kalau hewan itu hanya berjalan di satu kabel atau fasa, masalah ini tidak akan terjadi. Kecuali hewan itu menempel di dua kabel secara bersamaan," tuturnya.

Setyo menjelaskan, padamnya listrik karena bunglon ini terjadi sekitar satu jam, mulai pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. Dirinya pun menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan ini.