Depok > Laporan Utama

DKPPP Kota Depok Peringatkan Peternak Terapkan Bio Security

Jumat, 21 April 2017 19:59 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Sumber : dbs

depok
ilustrasi peternak
Foto : istimewa

Share this





Bio Security adalah usaha untuk menjaga suatu daerah dari masuknya penyakit, menjaga tersebarnya penyakit dari daerah tertentu.

DEPOK - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok mengimbau para peternak untuk menerapkan Bio Security secara ketat, melihat musim di wilayah Jabodetabek yang tidak menentu, sehingga unggas rentan terkena penyakit.

“Bio security adalah usaha untuk menjaga suatu daerah dari masuknya penyakit, menjaga tersebarnya penyakit dari daerah tertentu, dan menjaga agar suatu penyakit tidak menyebar di dalam daerah tersebut,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPPP Kota Depok, Dede Zuraida di ruang kerjanya, Jumat (21/04/17).

Menurutnya jika bio security dijalankan, akan menekan angkan kematian dan penyakit pada unggas seperti penyakit H5NI dan flu burung. Ketika unggas sehat, otomatis konsumen juga akn percaya, sehingga berdampak pada laba yang akan didapat.

Baca juga : Kesuksesan Fatmawati Rafiuddin Membangun PT Vida Informasi Teknologi

 “Jika bio security dilakukan, maka resiko unggas terjangkit penyakit akan bisa ditekan seminimalisir mungkin. Hal ini juga bisa menjauhkan unggas terserang virus flu burung atau H5N1,” jelasnya.

Dia menjelaskan, jika peternak harus melakukan pengecekan secara berkala, sehingga mengetahui perkembangan unggasnya.

“Untuk itu, sebagai peternak harus peka dan protektif terhadap kesehatan unggas. Sebab, jika unggas terjangkit H5N1 maka akan membahayakan manusia. Virus tersebut sifatnya menular dan mematikan bagi unggas maupun manusia,” tutupnya