Depok > Laporan Utama

Bingung Isi Libur Lebaran, Kunjungi Lokasi Wisata Ini di Kota Depok

Kamis, 29 Juni 2017 13:30 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS

Ilustrasi Kota Depok.
Ilustrasi Kota Depok.
Foto : istimewa

Share this








Lokasi wisata di Kota Depok sangat pas untuk mengisi waktu libur selama Lebaran.

JAKARTA – Mengisi libur Lebaran biasanya lebih seru jalan-jalan ke tempat wisata. Tidak perlu jalan-jalan yang jauh atau harus merogoh kocek yang teramat dalam. Cukup mampir ke Kota Depok yang memiliki banyak tempat wisata yang cukup menarik selama libur Lebaran.

Namun, pernahkah terlintas di benakmu suatu saat menjalani liburan di Kota Depok. Padahal, Kota Belimbing ini juga memiliki banyak destinasi wisata alternatif untuk mengisi libur Lebaran. Berikut wisata menarik yang ada di kota tetangga Jakarta ini.

1. Taman Bunga Wiladatika

Taman bunga ini tidak jauh dari bumi perkemahan Cibubur. Taman ini tak kalah cantik dengan taman-taman bunga yang ada di Bogor maupun Bandung. Setiap akhir pekan taman ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal untuk bersantai. Taman Bunga Wiladatika telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti kolam air mancur, taman bunga, taman bermain anak, air terjun buatan, gua mini, dan fasilitas kolam renang juga tersedia di sana.

2. Saladin Square

Saladin Square bukanlah tempat wisata, ini merupakan komplek bisnis bercorak Islam terbesar seluas 1,5 hektar. Seluruh bangunan di sana didesain dengan nuansa arab modern. Bayangkan saja gedung-gedung di kompleks ini dilengkapi dengan kubah emas sejumlah 48 buah plus 47 menara yang masing-masing setinggi 25 meter.

Karena keunikannya ini Saladin Square dijadikan tempat berburu foto yang epik di kota Depok. Penasaran dengan lokasinya? Saladin Square berada di tengah sentra bisnis Depok atau tepatnya ada di Jalan Raya Margonda Depok yang dekat dengan terminal angkutan umum dan juga kantor Wali Kota Depok.

3. Arung Jeram Sungai Ciliwung

Kota Depok juga memiliki lokasi hiburan olahraga ekstrim arung jeram dengan mengambil lokasi di sungai Ciliwung. Sungai Ciliwung yang kondisinya kumuh saat sampai di Jakarta dan kerap menjadi biang keladi masalah banjir, namun di Depok menjadi spot arung jeram yang menantang di kawasan hulunya mulai dari Bogor hingga Depok.

Lantas bagaimana caranya berarung jeram di sungai Ciliwung yang ada di Depok. Anda tinggal datang saja ke pos pantau Ciliwung Ratujaya. Pada akhir pekan biasanya komunitas Sahabat Ciliwung akan berkumpul tuh di pos pantau ini. Pos ini berada di kolong jembatan Grand Depok City. Dari sana berbagai kegiatan air akan dilakukan. Traveler bisa ikut gabung lho.

4. Setu Bojongsari

Bagi yang hobi memancing pasti kenal dengan tempat yang satu ini. Setu Bojongsari, waduk kecil yang terletak di kecamatan Bojongsari, depok atau tepat berada di belakang Perumahan Citra Lake Ciputra ini terkenal sebagai spot memancing. Namun traveler yang tidak suka memancing tetap bisa datang ke lokasi untuk menikmati udara yang sejuk dan suasana danau yang tenang.

5. Rumah Keramik F Widayanto

Mampirlah ke Rumah Keramik F Widayanto yang berlokasi di Jalan Curug Agung, Tanah Baru-Depok. Di Rumah Keramik ini anda akan diajari cara membuat kerajinan keramik. Aneka macam bentuk kramik mulai dari mug hingga bentuk-bentuk lainnya bisa dibuat di rumah ini. Tiket masuknya cukup murah cuma Rp. 10.000 tapi kalau mau ikut kursus singkat membuat keramik harus bayar Rp. 100.000.

6. Depok Fantasy Water Park

Taman permainan air ini berlokasi di dalam lingkungan perumahan Grand Depok City (GDC) di Kecamatan Sukmajaya, Depok. Water park terbesar di Depok ini mengusung konsep kisah 100 Malam. Wahana serta bangunannya sengaja dibuat dengan tema ala negeri padang pasir. Di sini terdapat empat kolam renang berbeda yaitu Jasmine Pool yang dirancang seperti kolam renang semi olimpiade, Baby Pool untuk anak-anak, Slide Pool dengan aneka wahana seluncuran, serta kolam permainan.

Taman rekreasi air ini buka setiap hari, mulai dari pukul 10.00 pada hari Senin, pukul 09.00 pada hari Selasa hingga Jumat, dan pukul 08.00 pada weekend. Harga tiket masuknya pun bervariasi setiap harinya, yakni dimulai dari Rp 20.000 di hari Senin, hingga Rp 65.000 di hari Minggu. Usahakan datang pada hari Senin dan hari kerja untuk mendapat harga tiket termurah.

7. Aquatic Fantasy

Aquatic Fantasy Waterboom berada di di Jalan Raya Muchtar, Sawangan, Depok, juga asik dijadikan tempat rekreasi.  Tempat rekreasi yang merupakan bagian dari Perumahan Telaga Golf Sawangan ini merupakan water park tematik. Pengunjung bisa bermain di Amazone River yang dibuat seperti sungai berkelok-kelok. Anak-anak bisa menghabiskan waktu di Funky Monkey atau Big-Big Dumbo. Bila ingin berenang bersama keluarga silakan datang ke Aquatic Pool Garden. Wahana Wet-Wet Snakey dan Combat Water juga tidak kalah seru dikunjungi bersama keluarga.

8. Masjid Kubah Emas

Masjid Dian Al Mahri atau lebih dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas, merupakan salah satu ikon sekaligus masjid kebanggan Kota Depok. Sesuai namanya, ciri khas masjid tersebut memang berasal dari kubah masjidnya yang bewarna emas menyala. Berada di Jl Raya Maruyung, Limo, Depok, masjid tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung. Khususnya dalam suasana lebaran seperti sekarang, tidak sedikit traveler yang datang untuk berdoa maupun sekedar jalan-jalan.

9. Godong Ijo

Mumpung si buah hati masih libur, ajaklah untuk wisata edukasi di Godong Ijo yang terletak di perbatasan Depok dengan Pamulang. Tempat ini merupakan salah satu tempat pembibitan tanaman hias. Uniknya, Godong Ijo juga menangani pembuatan taman vertikal. Tapi tidak hanya dapat melihat berbagai tanaman hias, Godong Ijo juga menyediakan wisata agro, edukasi, hingga pemancingan. Kegiatan itu dikemas dalam paket berbeda yang menyertakan games, kursus memasak, cara membuat keramik, dan beberapa lainnya.