Depok > Laporan Utama

Begini Tahapan Musrenbang di Kota Depok

Kamis, 12 Januari 2017 15:56 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : M Nashrudin Albaany

Kepala Bapplitbangda Kota Depok Hardiono
Kepala Bapplitbangda Kota Depok Hardiono
Foto : M Nashrudin Albaany

Share this





Akan dibuka ruang yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk dapat menyampaikan usulan dalam perencanaan pembangunan Kota Depok.

DEPOK – Untuk menyerap aspirasi dari masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) secara bertahap. Diawali dengan Pra Musrenbang tingkat RW yang akan mulai dilaksanakan pada 17 hingga 25 Januari 2017.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapplitbangda) Kota Depok Hardiono mengatakan, kegiatan ini merupakan tahapan penggalian usulan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari semua RW yang ada di Depok.

"Pada tahap ini, akan dibuka ruang yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk dapat menyampaikan usulan dalam perencanaan pembangunan Kota Depok," ujarnya kepada infonitas.com, Kamis (12/1/2017).

Menurut dia, dari usulan tersebut, kemudian akan diseleksi mana yang lebih menjadi kebutuhan warga. Selanjutnya usulan tersebut akan dibahas dalam Musrenbang tingkat Kelurahan yang dijadwalkan pada 23 hingga 27 Januari 2017.

"Setelah itu, kemudian nanti pada akhir Januari sampai awal Februari akan dilaksanakan Musrenbang di tingkat Kecamatan. Nah, pada tahap ini, tinggal pemantapan usulan program yang akan disampaikan pada forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," paparnya.

Sementara untuk Musrenbang OPD sendiri, rencananya akan digelar pada pertengahan hingga akhir Februari 2017. "Pada tahap ini, usulan program dan kegiatan dari masyarakat akan disinkronkan dengan usulan masing-masing OPD yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota," jelasnya.

Jika nantinya semua tahapan tersebut selesai, lanjut Hardiono, maka akan segera dilaksanakan Musrenbang tingkat Kota Depok yang dijadwalkan pada 15 hingga 16 Maret 2017. "Program dan kegiatan mana yang akan direalisasikan, ditentukan di tahap ini," ucapnya.

Dengan berbagai tahapan ini, dirinya berharap dapat memaksimalkan semua usulan dari masyarakat. "Semoga semua tahapan dapat terlaksana dengan baik. Sehingga kami bisa menyerap aspirasi masyarakat untuk mendukung pencapaian tujuan perencanaan pembangunan di Kota Depok," harapnya.