Depok > Laporan Utama

Nasib Transportasi Tua

Becak Masih Jadi Idaman di Pasar Musi Depok

Rabu, 12 April 2017 11:51 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Chandra Purnama

depok
Tukang Becak di Pasar Musi, Depok
Foto : Chandra Purnama

Share this








Rezeki sudah ada yang mengatur, walaupun tranportasi online menjamur, namun becak di Depok tidak takut pendapatannya berkurang.

DEPOK - Moda transportasi becak nampaknya sudah mulai tergerus dengan zaman. Tidak sedikit juga, para pengemudi banting profesi dan meninggalkan becak yang sudah mulai dilupakan oleh pelanggannya. Namun siapa sangka, di Depok, Jawa Barat masih ada pengemudi becak yang masih beroperasi.

Tepatnya di Jalan Pasar Musi, Sukmajaya, Depok. Disini masih banyak transportasi becak yang diminati oleh masyarakat, khususnya para pedagang sayuran. Becak menjadi favorit di tempat tersebut, karena dapat mengangkut sayuran yang dibeli oleh pedagang sayur.

"Kalau beli sayuran banyak, enakan naik becak. Muat. Dari pada bawa motor sendiri, bahaya. Kalau naik angkot, engga enak sama penumpang yang lain," kata Sumirah yang bekerja sebagai pedagang sayur di Komplek Pelni, Sukmajaya, Depok kepada Infonitas.com, Rabu (12/4/2017).

Baca juga : Kemhan Pamerkan Kapal Perusak Rudal di Tanjung Priok

Pernyataan tersebut diperkuat oleh Karman, seorang pengemudi becak yang sudah bertahun-tahun mangkal di Pasar Musi. Menurutnya, hanya diwaktu pagi hari dirinya masih bisa mencari pelanggan di Pasar Musi. Sebab, apabila pada siang hari, sudah tidak ada lagi yang menaiki becak.

"Lakunya pagi, abis orang belanja sayur. Kalau mangkal sampai siang, engga ada lagi. Mending pulang," cetus Karman.

Hal senada juga disampaikan oleh Fitrah. Dia mengatakan, usai pukul 06.00 WIB para tukang becak di Pasar Musi sudah tidak terlihat. "Ngapain mangkal kalau sepi. Kalau udah siangan, kalah sama ojek online," ungkap Fitrah.