Depok > Laporan Utama

906 WNA Tinggal di Depok, Terbanyak di Kecamatan Tapos

Senin, 17 Juli 2017 17:08 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Sumber : dbs

Ilustrasi Warga Negara Asing (WNA).
Ilustrasi Warga Negara Asing (WNA).
Foto : istimewa

Share this








Warga negara Asing (WNA) yang tinggal di Kota Depok mencapai 906 orang, kecamatan tapos memiliki 275 WNA disusul kecamatan Cimanggis 168 WNA.

DEPOK - Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Depok, Dadan Gunawan mengungkapkan jika per Juni 2017 sebanyak 906 Warga Negara Asing (WNA) tinggal di Kota Depok. Menurutnya mereka tersebar di 11 kecamatan. Namun yang terbanyak berada di Kecamatan Tapos sebanyak 275 WNA. Kemudian, disusul Kecamatan Cimanggis dengan jumlah 168 WNA.

Mereka terbagi menjadi dua kategori yaitu WNA pemilik Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP) dan pemilik Kartu Ijin Tinggal Sementara (KITAS).

“Secara keseluruhan jumlah WNA, baik pemilik KITAS maupun KITAP terbanyak terdapat pada Kecamatan Tapos. Selanjutnya di Kecamatan Cimanggis,” ujar Dadan Gunawan, Senin (17/07/2017).

Sedangkan jika dilihat pemilik KITAS, maka jumlah terbanyak ada di Kecamatan Tapos dengan jumlah 240 WNA. Lalu di Kecamatan Beji dengan jumlah 152 WNA.

Dikatakannya, alasan para WNA untuk tinggal di Kota Depok juga beragam. Diantaranya adalah karena pekerjaan, pendidikan, maupun pernikahan campuran.

“Kalau di Kecamatan Tapos rata-rata WNA adalah para pekerja yang ada di Depok maupun luar Depok. Sedangkan, WNA di Kecamatan Beji, sebagian besar adalah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan paling banyak berasal dari Korea Selatan,” jelasnya.