Depok > Kesehatan

Panik Karena Macet? Waspada Hilang Kendali

Jumat, 21 April 2017 17:36 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Chandra Purnama

depok
Ilustrasi Panic Attack
Foto : istimewa

Share this








Waspada Anda terkena panic attack, seperti akan panik saat menghadapi kemacetan, bahkan bisa kehilangan kendali.

DEPOK - Panic Attack atau serangan panik, merupakan penyakit langka yang jarang ditemui di Indonesia. Penyakit yang bisa didasari karena keturunan dari orang tua, atau karena mengalami trauma mendalam akan sesuatu hal, bisa menjadi ketakutan sendiri bagi pengidapnya.

Namun, para penderita serangan panik justru jarang menyadari mengidap penyakit langka tersebut. Biasanya, individu yang terjangkit serangan panik hanya menganggap hal tersebut biasa saja. Tapi tanpa disadari, rasa panik tersebut datang terus menerus.

"Mereka (pengidap serangan panik) banyak yang tidak sadar kalau sedang dalam terjangkit penyakit. Mereka biasanya biasa saja merasakan hal panik, tapi itu rutin setiap harinya," kata Dr Zaenuddin Ahmad seorang psikiater yang kerap didatangi penderita Panic Attack, Jumat (21/4/2017).

Pemicu seseorang yang mengidap serangan panik biasanya hal-hal yang dianggap wajar, bagi masyarakat luas. Misalnya, seseorang yang punya serangan panik, akan merasa ketakutan yang besar bila menghadapi kemacetan.

"Ada yang timbul serangan panik karena macet dan tiba-tiba saja panik. Malahan, saat itu datang langsung bingung mau bagaimana lagi. Kalau sudah akut, langsung tiba-tiba seperti orang yang tidak bisa mengendarai kendaraan," ungkap Zaenuddin.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Anies Baswedan

Selain itu, ada yang timbul rasa panik saat malam datang. Zaenuddin menjelaskan, untuk yang satu itu merupakan penderita yang sangat langka dan perlu pengobatan medis dan spiritual. Pasalnya, apabila individu tersebut bukan karena faktor keturunan, dapat dipastikan timbul karena pernah mengalami trauma yang mistik.

Biasanya, individu yang takut saat malam datang, akan merasa sendirian ditengah keramaian terkhusus pada malam hari. Yang lebih diluar akal sehat, para penderita akan berhalusinasi seakan malaikat pencabut nyawa akan mengambil rohnya.

"Ada yang takut sama malam, mereka biasanya langsung sesak nafas apabila Panic Attacks datang. Selain itu, mereka seperti ditusuk-tusuk jarum dan seakan nyawa akan keluar dari jasadnya," jelas Zaenuddin.