Rabu, 07 November 2018 15:52:00
Editor : Fauzi | Sumber : DBS.
Yuk Rangsang Imajinasi Anak Lewat Permainan Kreatif Ini
Ilustrasi.
Foto : istimewa
 

BEKASI – Seiring dengan perkembangan usianya, imajinasi anak pun turut berkembang, sesuai dengan rangsangan pengetahuan yang diberikan. Selain untuk mengasah otaknya, imajinasi juga melatih motorik anak dalam berkreasi. Tidak heran jika dibutuhkan permainan kreatif untuk mendukung dan menstimulasi tumbuh kembang imajinasi anak.

Mengapa rangsangan imajinasi anak ini penting? Lantaran anak saat memasuki usia keemasannya sudah mampu berpikir secara abstrak, senang mengeksplorasi benda-benda di sekitarnya serta semakin aktif untuk menikmati permainan yang bervariasi.

Ada beberapa permainan kreatif yang bisa membantu merangsang imajinasi anak, cukup dengan beberapa benda sederhana yang ada di rumah. Misalnya, bermain dengan kardus. Lewat media yang mudah ditemukan di rumah ini, anak bisa diajak berkreasi membuat berbagai mainan kreatif, mulai dari mobil-mobilan hingga rumah-rumahan. Biarkan ia berkreasi sesuai dengan imajinasinya, Anda cukup memperhatikan dan mengarahkan jika ia kesulitan.

Permainan kreatif berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengasah imajinasi anak adalah menggunakan kain atau selimut. Biarkan ia berkreasi dengan selimut atau kain, mulai dari membuat jubah ‘Superman’ hingga tenda-tendaan.

Terakhir, permainan kreatif yang bisa Anda mainkan bersama si kecil untuk mengasah imajinasinya adalah dengan menggunakan senter. Padamkan lampu ruangan yang hendak digunakan bermain. Kemudian dengan bantuan cahaya senter, Anda bisa mengajaknya bermain untuk membentuk berbagai bayangan, hingga kreasi sorot lampu. Dan, permainan ini juga melatih agar anak tidak takut dalam kondisi gelap. Simpel dan bermanfaat bukan?

Baca Juga

Berikan Komentar Anda